ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR MI-MTS DALAM MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Bmt Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung)

EKA YULIANTI HADI PUTRI, 12401173003 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR MI-MTS DALAM MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Bmt Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar MI-MTs dalam Meningkatkan Literasi Ekonomi Syariah (Studi Pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung)”. Ditulis oleh Eka Yulianti Hadi Putri, NIM 12401173003, Dosen Pembiming Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi upaya dalam meningkatkan literasi ekonomi syariah pada pelajar MI-MTs terhadap tabungan simpanan pelajar, maka dari itu BMT mempunyai pogram edukasi dan sosialisasi literasi ekonomi Syariah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelajar, orang tua, dan komunitas sekolah mengenai pentingnya penabung sejak dini. BMT meliliki strategi pemasaran untuk mengenalkan produk tabungan simpanan pelajar agar dikenal semakin luas di kalangan pelajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran produk tabungan simpanan pelajar di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pemasaran produk tabungan simpanan pelajar MIMTs dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi Syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Dengan jenis penelitian study kasus. Dimana peneliti mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan, lembaga maupun masyarakat yang diteliti melalui berbagai teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam metode ini adalah wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis model deduktif berangkat dari permasalahan umum untuk diambil kesimpulan pada permasalahan khusus. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti ini dilakukan triagulasi dengan sumber. Dalam penelitian ini menghasilan temuan berupa (1) Strategi pemasaran produk tabungan simpanan pelajar yang dilakukan BMT Istiqomah Karangrejo menggunakan door to door, seiring berkembangnya zaman sekarang menggunakan pemasaran online dan offline. Sedangkan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung juga melakukan pemasaran online dan offline Pemasaran online seperti Whatsaap Sender, Intagram, SMS Sender, dan sosial media lainnya, untuk pemasaran offline menggunakan brosur dan poster. Dalam melakukan pemasaran BMT Istiqomah dan BMT Rizwa Tulungaggung juga menerapkan empat karakteristik pemasaran Syariah yaitu Ketuhanan, Etis, Humanis dan Realistis. Untuk membangun citra ta’awun BMT Karangrejo melakukan Syiar atau dakwah kepada pelajar, sedangkan BMT Rizwa Tulungagung mempunyai progam dana sosial, yang diperuntukan untuk santunan anak yatim piatu, beasiswa, kaum duafa, dan membantu sesama. (2) strategi pemasaran produk tabungan simpanan pelajar MI-MTs dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi Syariah, BMT istiqomah Karangrejo melakukan pendekatan kepada guru disekolah dan memberikan beasiswa dan undian hadiah kepada siswa-siswi. Sedangkan BMT Rizwa Tulungagung melakukan pendekatan terlebih dahulu melalaui orang tua walimurid dan ada pogram biasiswa, santunan anak yatim piatu, kaum duafa. Sebagai media Literasi BMT Istioqmah Karangrejo memberikan edukasi pemahaman kepada Guru terlebih dahulu, BMT Rizwa dengan berkomitmen produk halal, RAT, dan memberi edukasi kepada pelajar dengan mengalihkan menabung di BMT yang sebelumnya menabung di Bank. Dampak yang dirasakan siswa-siswi anggota simpanan pelajar yaitu pelajar memahami cara menabung, berhemat dan merasa aman jika menabung di BMT. Kata Kunci: Strategi pemasaran, produk tabungan simpanan pelajar, Pelajar, Literasi Ekonomi Syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173003 Eka Yulianti Hadi Putri
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:20
Last Modified: 22 Jun 2021 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19787

Actions (login required)

View Item View Item