PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 DI MI MAMBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NURHIDAYATI, 12505184028 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 DI MI MAMBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook digital untuk Meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran tematik Kelas I di MI Mamba‟ul Ulum Rejotangan” ini ditulis oleh Nurhidayati, dengan dosen pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. dan Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Pengembangan Media, Scrapbook Digital, Hasil Belajar. Penelitian ini didasarkan pada potensi kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar dalam menunjang proses pembelajaran. Tuj uan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik kelas 1 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Rumusan massalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana desain media pembelajaran scrapbook digital yang dikembangkan pada pembelajaran tema diriku siswa kelas 1 di MI Mamba‟ul Ulum Rejotangan? (2) Bagaimana hasil pembelajaran dengan media pembelajaran scrapbook digital pada pembelajaran tema diriku siswa kelas I di MI Mamba‟ul Ulum Rejotangan? (3) Bagaimana effektifitas penggunaan media scrapbook digital pada pembelajaran tema diriku siswa kelas 1 di MI Mamba‟ul Ulum Rejotangan? Tesis ini bertujuan untuk 1) mengetahui desain media pembelajaran scrapbook digital pada pembelajaran tematik di MI mambaul Ulum Buntaran Rejotangan. 2) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran scrapbook digital pada pembelajaran tematik kelas 1 di MI Mambaul Ulum rejotangan 3) Mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook digital pada pembelajaran tematik kelas 1 di MI mambaul Ulum Buntaran Rejotangan. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Borg & Gall (1985) dengan proses yang bersifat deskriptif.Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2)perencanaan, 3)pengembangan draf produk, 4)validasi produk,5) revisi hasil validasi produk, 6) uji coba lapangan, 7) melakukan revisi produk dan penyempurnaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) media yang diharapkan guru dan siswa adalah media yang menarik berupa media visual berbentuk video yang dapat di lihat di youtube. (2) Media pembelajaran scrapbook digital layakdigunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli media dan materi. Hasil validasi ahli media memperoleh sekor 90% ahli materi memperoleh sekor 82,2%. Uji lapangan yang dilakukan terhadap guru dari kelayakan media memperoleh penilaian sebesar 90,4%, dan dari kelayakan materi memperoleh nilai sebesar 91,6%. Uji lapangan yang dilakukan pada siswa yaitu dengan mewawancarainya diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan peneliti bagus dan menarik. Berdasarkan perhitungan independent simple t-test diperoleh nilai sig (two-tailed) 0,00 < 0,05 (3) Penggunaan media pembelajaran scrapbook digital lebih baik dari pada pembelajaran tradisional, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample t-test dengan nilai (two-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji validasi ahli, uji coba lapangan serta uji efektifitas dinyatakan bahwa media pembelajaran scrapbook digital ini sudah layak dan efektif untuk diimplementasikan. Disarankan bagi sekolah yang membutuhkan media pembelajaran tematik untuk memvasilitasi paserta didik terutama dalam masa pandemic atau tidak ada tatap muka dapat di aplikasikan pada peserta didiknya kelas 1 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184028 NURHIDAYATI
Date Deposited: 22 Jun 2021 09:08
Last Modified: 22 Jun 2021 09:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item