IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT AL ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2010

ABDUR ROHIM, 17205163320 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT AL ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020” ditulis oleh Abdur Rohim, NIM.17205163320, dibimbing oleh H. Muh Nurul Huda, MA. kata kunci: Implementasi, Model Pembelajaran PBI, Motivasi Belajar. Pendidikan di era globalisasi mendorong manusia untuk beranjak dari proses hidup ke arah yang berwawasan global. situasi ini banyak bermunculan masalah yang bersifat global. Beberapa masalah tersebut dapat menarik perhatian masyarat luas salah satunya problematika dalam dunia pendidikan. SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020 merupakan salah satu sekolah dengan naungan yayasan berlabel islam turut terdampak akibat perkembangan zaman tersebut. Dalam konteks penelitian ini, yaitu persoalan peningkatan model pembelajaran PBI dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan proyek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020? (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan pengalaman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020? (3) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan pembelajaran otentik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan Deskriptif, yaitu peneliti merupakan penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Mulai dari tahapan pengumpulan data, pengolahan data hingga penyajian data. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi, diskusi teman sejawat, keteralihan, dan ketergantungan. Penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah guru kelas, Kepala sekolah dan Waka Kesiswaan SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan proyek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020 yaitu Pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan di SDIT Al Asror Kedungwaru, yaitu apabila dilaksanakan dengan berpedoman terhadap objek apa yang digunakan, contohnya sekolah memberikan penugasan yang sifatnya pekerjaan rumah berupa pembuata produk. (2) Implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan pengalaman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun 2019/2020 yaitu Pembelajaran berbasis pengalaman yang dilaksanakan di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru dilaksanakan berdasarkan pengalaman diharapkan siswa mampu belajar dengan dasar pengalaman dan pengetahuan pribadinya. Berbagai model pembelajaran yang dilaksanakan di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung dengan tujuan agar siswa dapat belajar dengan baik. Dinilai dari sisi motivasi hingga prestasi dalam belajarnya. (3) Implementasi model pembelajaran problem based instruction berdasarkan pembelajaran otentik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung yaitu Pembelajaran dengan model PBI yang diterapkan di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, khususnya berkaitan dengan pembelajaran berbasis otentik yang dilaksanakan yaitu dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku saat ini ditambah dengan kurikulum tambahan yang ada di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163320 ABDUR ROHIM
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:43
Last Modified: 02 Nov 2021 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item