PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 BEJI TULUNGAGUNG

ANJAR ISWANTI, 12505184004 (2020) PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 BEJI TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eksperimen dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 2 oleh Dr. Eni Setyowati, S. Pd. M.M. dan Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci : Pengembangan LKS, Eksperimen, IPA Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti yang menemukan tidak ada LKS IPA di SDN 2 Beji karena berdasarkan kurikulum 2013 tidak lagi mengginakan bahan ajar dalam setiap mata pelajarannya, melainkan menggunakan TEMATIK. Pada kenyataannya siswa kelas IV memerlukan bahan ajar berupa LKS untuk menunjang pembelajaran IPA yang harus melalui tahapan percobaan agar lebih paham terhadap materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa kebutuhan siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SDN 2 Beji Tulungagung?; 2) Bagaimana Pengembangan Produk LKS (Lembar Kerja Siswa) IPA berbasis eksperimen pada kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung?; 3) Bagaimana efektivitas LKS (Lembar Kerja Siswa) IPA berbasis eksperimen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung?. Tesis ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kebutuhan siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SDN 2 Beji Tulungagung, 2) Untuk menjelaskan pengembangan produk LKS (Lembar Kerja Siswa) IPA berbasis metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung, 3) Untuk menjelaskan efektivitas LKS (Lembar Kerja Siswa) IPA berbasis metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya 1) Penelitian dan Pengumpulan Data) atau Penelitian Pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Draft Produk, 4) Uji Coba Lapangan Awal, 5) Merevisi Hasil Uji Coba, 6) Uji Coba Lapangan Kecil, 7) Diseminasi dan Implementasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) Bahan Aajar yang dibutuhkan guru dan siswa pada kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung adalah bahan ajar yang memuat tentang langkah-langkah eksperimen; 2) Bahan ajar yang dihasilkan berupa bahan ajar cetak dengan spesifikasi Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA materi Gaya dan Gerak yang sangat menari dengan dilengkapi dlangkah-langkah eksperimen, gambar ilustrasi, serta tempat utuk menempelkan dokumentasi hasil percobaan siswa; 3) Hasil analisis data dari angket ahli materi terhadap aspek kelayakan isi mendapat rata-rata 94,4, terhadap aspek kelayakan penyajian mendapat rata-rata 90, terhadap aspek kelayakan kebahasaan mendapat rata-rata 93,75, dan terhadapaspek pengaruh penggunaan bahan ajar mendapat 100. Hasil analisis data dari ahli media terhadap aspek kelayakan kegrafikan mendapat prosentase 96,8. Adapun hasil analisis data dari pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pada kelas eksperimen yang mengalami peningkatan sebesar 40,49 yaitu dari 76,47 menjadi 85,29 pada nilai post-test.. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA berbasis eksperimen dapat memberikan pengaruh yang positif pada penguasaan materi dibandingkan dengan yang tidak mengguanakan bahan ajar IPA berbasis eksperimen. Hal ini diperkuat dengan hasil t-tes yang hasil perhitungannya menunjukkan nilai sig (two-tailed) < sig level (0,001 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari data yang diperoleh tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Beji Tulungagung. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan bahan ajar LKS IPA berbasis eksperimen ini memang efektif serta layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Disarankan bagi sekolah yang memiliki karakteristik yang mirip, dapat mengaplikasikan bahan ajar ini kepada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184004 ANJAR ISWANTI
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:31
Last Modified: 08 Nov 2021 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item