PERAN INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Konveksi Swarga Hijab Busana Muslimah Syar’i Di Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

MINGGIR RAHAYU, 17402163583 (2021) PERAN INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Konveksi Swarga Hijab Busana Muslimah Syar’i Di Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Industri Kecil Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Koveksi Swarga Hijab Busana Muslimah Syar‟i Di Desa Wonorejo Kec. Sumbergempol Kab. Tulungagung)” ini ditulis oleh Minggir Rahayu, NIM. 17402163583, Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian skripsi ini di latar belakangi oleh adanya seringkali dijumpai masyarakat di Desa Wonorejo yang sebagian penduduknya banyak ditemui menjadi tenaga kerja konveksi untuk mencukupi kebutuhannya. Dalam hal ini peneliti membahas Peran Industri Kecil Dalam Meningkatkan perekonomian Masyarakat Studi Kasus Pada Konveksi Swarga Hijab di Desa Wonorejo Kec. Sumbergempol Kab. Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaiamana peran industri kecil (Konveksi Swarga Hijab) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, (2) Bagaimana kendala dan solusi pada industri kecil (Konveksi Swarga Hij ab) dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat (3) Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap industri kecil (konveksi Swarga Hijab) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ini data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk memeriksa keabsahan temuan digunakan: (1) perpanjangan kehadiran (2) ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konveksi Swarga Hijab memiliki peran yang penting di desa Wonorejo, yaitu: menyediakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat. Adapun kendala dan solusi pada industri kecil Konveksi Swarga Hijab diantaranya: kendala yang dihadapi oleh Swarga Hijab saat ini dalam hal strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk yang meliputi: Produk, Harga, Promosi dan Tempat. Solusi untuk mengatasinya misal ada kegagalan dalam pembuatan produk, produk kurang diminati oleh konsumen maka perlu pengadaan promo dengan menurunkan harga dan juga memberikan bonus, agar konsumen tetap tertarik dan minat membeli produk tersebut, intinya ketika terjadi masalah harus sekreatif mungkin kita untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak benar dengan adanya masalah Swarga Hijab mengalami bangkrut, hanya saja saat ini sedang direstart ulang kegiatan produksinya, dan usaha ini tetap berjalan sampai sekarang. Dalam kegiatan Konveksi Swarga Hijab sudah menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam. Dimana didalamnya juga menerapkan ketauhidan,„adl, jaminan sosial, khilafah dan ma‟d. Kata Kunci: Industri Kecil, Perekonomian Masyarakat, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163583 MINGGIR RAHAYU
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:59
Last Modified: 01 Jul 2021 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item