Pengaruh Nisbah Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah memilih Pembiayaan Musyarakah pada BTM Mentari Tulungagung

Daroini, Mujib (2014) Pengaruh Nisbah Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah memilih Pembiayaan Musyarakah pada BTM Mentari Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,IV,V.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian dalam skrispsi ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya pertumbuhan akan perbankan syariah di Indonesia yang menjanjikan sistem operasional yang lebih adil, khususnya pada sistem profit loss sharing (bagi hasil) seperti yang ada, yaitu menghilangkan praktek riba dan menggantikannya dengan sistem bagi hasil. Beberapa masalah yang kini dihadapi oleh BTM yaitu untuk memenuhi kepuasan nasabahnya. Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada presepsi pelanggan. Hal ini berarti bahwa citra kualitas yang baik tidak berdasarkan presepsi penyedia jasa, akan tetapi berdasarkan presepsi Nasabah. Nisbah Bagi Hasil dan kualitas pelayanan yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian untuk skripsi ini guna melihat seberapa besar pengaruh Nisbah Bagi hasil dan pelayanan yang diberikan oleh BTM Mentari, sehingga dapat diketahui seberapa besar peluang untuk tetap eksis dan terus berkembang. Rumusan masalah dalam skrisi ini adalah (1) Apakah Nisbah Bagi hasil berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan musyarakah?(2)Apakah kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan musyarakah?. (3) Apakah Nisbah Bagi hasil dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan musyarakah? Adapun tujuan dari penelitian ini dalah untuk menguji dan membuktikan pengaruh nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah memilih pembiayaan musyarakah pada BTM Mentari Ngunut Tulungagung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari kuisioner yang diberikan kepada nasabah BTM Mentari Tulungagung dengan jumlah sampel 31. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah demgan menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel Nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan musyarakah. Dimana nilai t-hitung>ttabel dengan nilai t- hitung masing-masing variabel nisbah bagi hasil 2,335 dan kualitas pelayanan 2,132 > t-tabel 1,70. Variabel nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan terbukti mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan musyarakah. Dimana nilai F-hitung sebesar 8,395 > F-tabel sebesar 3,33 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Angka R Square sebesar 0,375 menunjukkan bahwa 37,5 % variabel Keputusan Nasabah Dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 62,5 % dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Nisbah Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan dan Keputusan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 04:07
Last Modified: 01 Dec 2014 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item