ANALISIS KESEIMBANGAN DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA EDUKASI SISWA PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 TRENGGALEK

LINDA LAILATUL NUR HANIFAH, 12310173010 (2021) ANALISIS KESEIMBANGAN DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA EDUKASI SISWA PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
Analisis Keseimbangan Desain Interior Perpustakaan Sebagai Sarana Edukasi Siswa Pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Perpustakaan menjadi salah satu aspek penting dalam setiap kegiatan pembelajaran akademik, sebab menjadi sumber referensi belajar. Agar perpustakaan lebih menarik, maka bangunan perpustakaan diatur sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan penggunanya. D.K Ching berpendapat tentang desain interior merupakan rancangan ruang dalam bangunan dengan fungsi memenuhi kebutuhan akan sarana guna bernaung maupun berlindung, sekaligus mengatur kegiatan, memelihara aspirasi, mengekspresikan ide, dan lainnya. Ruang perpustakaan menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan tugas pengelola perpustakaan. Tanpa adanya ruang memadai, tugas perpustakaan tidak dapat berjalan baik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2021 di SMKN 1 Trenggalek. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis keseimbangan desain interior perpustakaan SMKN 1 Trenggalek sebagai sarana edukasi siswa. Adanya penelitian ini guna mengetahui interior perpustakaan serta peran perpustakaan SMKN 1 Trenggalek menjadi sarana edukasi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder yang disajikan dalam bentuk narasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian yaitu perpustakaan SMKN 1 Trenggalek menerapkan desain interior perpustakaan berkonsep modern yang menarik sesuai dengan keinginan siswa. Sehingga menjadikan daya tarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan untuk melakukan kegiatan pencarian pengetahuan dan informasi dalam pembelajaran di sekolah yang tidak di dapatkan di dalam kelas. Dari kejadian tersebut, secara langsung penerapan desain interior perpustakaan yang ada telah berperan sebagai sarana edukasi siswa dalam menarik siswa untuk selalu berkunjung ke perpustakaan yang menjadikan jumlah pemustaka semakin meningkat dan pemanfaatan perpustakaan menjadi maksimal. Kata Kunci: Desain Interior Perpustakaan, Sarana Edukasi, Perpustakaan SMK

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: S1 12310173010 LINDA LAILATUL NUR HANIFAH
Date Deposited: 09 Jul 2021 02:13
Last Modified: 09 Jul 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item