RHENDICA, 12501175018 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM MA’HAD ALY DALAM MEWUJUDKAN SANTRI MILENIAL (Studi Kasus Ma’had Aly Pondok Pesantren Lirboyo Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (578kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (465kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
Abstract
ABSTRAK Disertasi dengan judul “Manajemen Kurikulum Ma’had Aly Lirboyo dalam Mewujudkan Santri Milenial” ini ditulis oleh Rhendica dengan Promotor Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag, dan Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Ma’had Aly Lirboyo, Santri Milenial. Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh adanya undang-undang diakuinya Ma’had Aly Lirboyo sebagai perguruan tingginya pesantren, serta tuntutan output (lulusan) agar dapat bersaing secara profesional. Untuk itu penulis mengangkat studi kasus Ma’had Aly Lirboyo. Dalam padangan peneliti, Pondok Pesantren Lirboyo yang sejak zaman dahulu mempertahankan eksistensi sebagai pendidikan salaf yang terus berevolusi, kini mulai menyelenggarakan program kurikulum Ma’had Aly agar dapat mencetak santri yang dapat berjuang di era milenial. Kurikulum dan manajemen saling berkaitan, khususnya dalam meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Oleh karna itu Mah’ad Aly sebagai lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada studi Islam murni dari program Pondok Peantren harus mewujudkan santri milenial. Santri milenial di sini harus mampu minciptakan ide-ide, kritis, kreatif, konstruktif, objektif, analitis, serta yang paling utama adalah bertanggung jawab di tengah perkembangan teknologi. Rumusan masalah dalam penulisan disertasi ini adalah: (1) bagaimana desain kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial ?, (2) bagaimana struktur kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan Santri milenial?; (3) bagaimana pelaksanaan kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial ?; (4) bagaimana hasil kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial? Jenis penelitian yang digunakan disertasi ini adalah kualitatif, lebih tepatnya yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini berbentuk penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Disertasi ini memfokuskan diri secara intensif pada satu objek dan mempelajarinya sebagai suatu kasus. Data studi kasus diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, yaitu dalam studi ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) desain kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam Mewujudkan Santri Milenial dengan mengintegrasikan khazanah pesantren sebagai ciri khas Islam nusantara dan keilmuan modern kas perguruan tinggi dengan Program Studi Fikih dan Ushul Fikih (fikih wa ushuluhu) belandaskan bahan ajar kitab-kitab kuning (Turats) karya Ulama Salaf maupun modern, (2) struktur kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial, mengacu pada visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan oleh Ma’had Aly Lirboyo dengan Prodi Fikih dan Usul Fikih meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang dalam 4 tahun atau 8 semester mulai semester I (satu) sampai VIII (delapan) dan semester VII (tuju)-VIII (delapan) merupakan program wajib khidmah (pengabdian masyarakat). (3) Pelaksanaan kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial didasarkan pada potensi, perkembangan, dan kondisi santri untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini mahasantri mendapatkan pelayanan pendidikan yang mencukupi, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara riil tentang penguasaan mata kuliah yang didapat pada perkuliahan, (4) hasil kurikulum Ma’had Aly Lirboyo Kediri dalam mewujudkan santri milenial dengan mewujudkan santri nâsyir al ‘ilmi (dapat menyebarkan ilmu agama), santri dapat mengaplikasikan pembelajaran yang terdapat di dalam kitab kuning (Turats), mewujudkan santri yang muttafaqqih fi ad din, yaitu santri yang ahli di bidang ilmu agama Islam, mewujudkan lulusan yang alim, salih yaitu selain berpengetahuan tinggi juga berperilaku baik di tengah era kemajuan teknologi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | dica Rhen |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 05:39 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 05:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19974 |
Actions (login required)
View Item |