M. SU'ADAUL MAQBULIN, 17201153435 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (433kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh M. Su’adaul Maqbulin, NIM. 17201153435, pembimbing Dr. H. Muh. Kharis, M.Pd. kegiatan pembelajaran al Qur’an Hadits masih terlihat pasif dan siswa banyak yang kurang memperhatikan karna guru cenderung masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketika kegiatan belajar sifatnya pasif, siswa mengikuti pelajaran. tanpa rasa keingintahuan, tanpa mengajukan pertanyaan, dan tanpa minat terhadap hasilnya. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mencoba mengaplikasikan sebuah model pembelajaran yang bersifat kooperatif, yaitu model pembelajaran koperatif type jigsaw. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits aspek Kognitif siswa kelas XI di MAN 2 Blitar (2) Adakah pengaruh model Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits aspek afektif siswa kelas XI di MAN 2 Blitar (3) Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadist pada siswa kelas XI di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Pre-Experimental dengan model desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Blitar yang berjumlah 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIK yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini tekhnik sampling yang digunakan adalah tehnik penarikan sampel probabilitas tipe cluster sampling Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar angket. Tes berupa pilihan ganda digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar kognitif dan lembar angket digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar afektif yang akan dianalisis. Instrumen tersebut digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-test dan uji manova yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif type jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits aspek kognitif. Hasil T-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 15,258 > 1,68957 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa ratarata hasil belajar postest lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (pretest) pada aspek kognitif, sehingga Ha diterima. 2) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif type jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits aspek afektif. Hasil T-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 6,110 > 1,68957 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa rata-rata hasil belajar postest lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (pretest) pada aspek afektif, sehingga Ha diterima. 3) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif type jigsaw terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Blitar. Hasil Uji manova menunjukkan bahwa nilai keduanya 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw lebih baik daripada hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru Al Qur’an Hadits MAN 2 Blitar untuk mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif type jigsaw maupun model yang lain yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 17201153435 M. Su'adaul Maqbulin |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:48 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 01:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20193 |
Actions (login required)
View Item |