ULFA ROUDHOTUL MUNADHIROH, 12207173031 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (427kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (179kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (278kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfa Roudhotul Munadhiroh, NIM. 12207173031, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr.Hj. Sulistyorini,M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan serta memajukan mutu pendidikannya. Dalam mengatasi tuntutan mutu pendidikan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pengorganisasian kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? 4) Bagaimana pengawasan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan kesiswaan, pengorganisasian kesiswaan, pelaksanaan kesiswaan, dan pengawasan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi wakil kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, dan guru. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Karena pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kesiswaan sudah dibuat atau disusun sejak awal tahun pelajaran. Perencanaan kesiswaan ini menghasilkan suatu program yang akan digunakan untuk satu tahun pelajaran baik itu yang berhubungan ekstrakurikuler. (2) pengorganisasian kesiswaan terdiri dari PMR, Pramuka, OSIS, basket, kesenian Reog, dan Tembang lagu Jawa. Organisasi diikuti oleh siswa dengan dibimbing oleh guru pelatih yang disediakan sekolah. (3) pelaksanaan kesiswaan dilaksanakan dengan adanya kerjasama antara waka-waka yang lainnya, guru, dan staf sekolah. Dalam pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat dan disusun sejak awal tahun pelajaran. (4) pengawasan kesiswaan dilakukan dengan program remidial untuk anak yang mendapat nilai kurang bagus. Dan diberikan bimbingan/ arahan dari sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173031 ulfa roudhotul |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 06:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20228 |
Actions (login required)
View Item |