DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA BERGAYA KOGNITIF FI DAN FD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

HANIF ARISKI, 12204173064 (2021) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA BERGAYA KOGNITIF FI DAN FD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Bergaya Kognitif FD dan FI dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Hanif Ariski, NIM. 12204173064, pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Defragmentasi, Struktur Berpikir, Field Dependent-Field Independent,. Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu mengkonstruksi konsep yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah matematika. Hal ini terjadi karena adanya struktur berpikir siswa yang salah dan mengakibatkan siswa mengalami fragmentasi atau kesalahan dalam struktur berpikir. Dalam hal ini, untuk memperbaiki fragmentasi yang terjadi pada struktur berpikir siswa, maka dapat dilakukan dengan cara memberikan defragmentasi yang merupakan proses restrukturisasi atau penataan kembali struktur berpikir siswa yang dianggap masih kurang adaptif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan struktur berpikir siswa bergaya kognitif field-dependent dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi SPLDV di MTsN 4 Tulungagung; 2) Untuk mendeskripsikan struktur berpikir siswa bergaya kognitif field-independent dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi SPLDV di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Tulungagung dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dimana peneliti menjadi instrument utama dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes GEFT (Group Embedded Figures Test), soal SPLDV, dan wawancara, sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa yang bergaya kognitif FD dalam menyelesaikan masalah pada soal siswa tidak mengerjakannya secara optimal dan tidak sesuai dengan konsep matematika. Siswa masih kesulitan dalam mengubah masalah yang terdapat pada soal ke bentuk matematisnya. Sehingga untuk mengatasi fragmentasi yang dialami siswa maka peneliti memberikan defragmentasi, dengan langkah-langkah scanning, check some error, dan repairing (proses pemberian defragmentasi). Dalam repairing terjadi 3 proses utama yaitu disequilibrasi (ketidakseimbangn antara asimilasi dan akomodasi), conflict cognitive (ketidakcocokan informasi dari struktur berpikir dengan lingkungan), dan scaffolding (bantuan secukupnya. 2) Siswa yang bergaya kognitif FI mampu menyelesaikan soal namun tidak sesuai dengan informasiyang terdapat pada soal. Bahkan ada siswa FI yang menggunakan cara prediksi. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut terjadi maka peneliti memberikan defragmentasi yang disesuaikan dengan fragmentasi yang dialami siswa. Langkah-langkah dalam defragmentasi yaitu scanning, check some error, dan repairing (proses pemberian defragmentasi). Dimana dalam repairing terjadi 3 proses utama yaitu disequilibrasi (ketidakseimbangan antara asimilasi dan akomodasi), conflict cognitive (ketidakcocokan informasi dari struktur berpikir dengan lingkungan), dan scaffolding (memberikan bantuan secukupnya).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173064 HANIF ARISKI
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:21
Last Modified: 09 Aug 2021 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item View Item