PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

HANIM AFIFUDIN, 12207173050 (2021) PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penguatan Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Bangsa Peserta Didik di SMA Negeri 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Hanim Afifudin, NIM. 12207173050. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M. Pd., NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci : Penguatan, Budaya Sekolah, Karakter Bangsa, Peserta Didik Mutu pendidikan harus dilengkapi dengan indikator nilai-nilai budaya sekolah yang diinternalisasikan pada diri peserta didik seperti budaya religius, budaya disiplin, budaya sosial dan bertanggungjawab, serta budaya toleransi. Berawal dari itu, sangat mendesak bagi lembaga pendidikan khususnya pendidikan sekolah menengah atas (SMA) untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya sekolah kepada peserta didik dengan merencanakan program-program yang berpengaruh pada penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik. Budaya sekolah dalam setiap program yang direncanakan memiliki pengaruh yang besar terhadap proses penguatan karakter bangsa peserta didik. Peneliti menyorot salah satu sekolah yang sangat responsif dalam penguatan budaya sekolah serta perkembangan karakter peserta didik, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu?; 2) Bagaimana metode penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu?; Bagaimana Teknik metode penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu?; 3) Bagaimana pengendalian penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu? Dalam penelitian ini penulis menggunakan: pendekatan fenomenologi naturalistik. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, bimbingan konseling, guru dan kepala bagian tata usaha. Uji keabsahan data menggunakan validasi internal (termasuk didalamnya terdapat perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi), validasi eksternal, uji reliabilitas dan objektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Pendekatan penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik disesuaikan dengan kesepakatan bersama yaitu stakeholder dan komponen guru. Upaya penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik yakni menggunakan beberapa pendekatan. Pendakatan ini telah diterapkandi SMA Negeri 1 Boyolangu untuk memperkuat pendidikan karakter bangsa yaitu pendekatan religius (keagamaan), pendekatan individu, pendekatan kelompok dan pendekatan edukatif. 2) Metode penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu didasarkan pada proses pencapaian tujuan pendidikan nasional dan visi misi lembaga sekolah yang sesuai dengan permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Metode yang diterapkan dalam penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik yaitu metode pembiasaan, metode teladan, metode pembinaan, metode prioritas dan metode comparation learning. 3) teknik metode penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik bersifat continue dan inovatif. Adapun target yang dicapai dari program budaya sekolah yaitu pembiasaan budaya sekolah, teladan dan Figur dari stakeholder dan komponen guru, pembinaan eksklusif pada pembelajaran dan kegiatan pembinaan ekstra sekolah, prioritas potensi peserta didik dan berkarakter, comparation learning dalam upaya menciptakan out-put berkarakter bangsa. 4) Pengendalian penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu bersifat inovatif dan visioner. Adapun upaya untuk mengendalikan penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter bangsa peserta didik yaitu agenda Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang inovatif, membentuk team pengawasan budaya sekolah dan membentuk out-put peserta didik yang berkarakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173050 HANIM AFIDUDIN
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:55
Last Modified: 10 Aug 2021 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item