STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG

YESSY FENTYDA NURUL AINI, 12201173456 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Yessy Fentyda Nurul Aini, NIM. 12201173456, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. ST. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Membentuk Karakter Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena adanya dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Akar dari semua tindakan yang jahat dan buruk, terletak pada hilangnya karakter. Fenomena ini tidak hanya merajalela di lingkungan masyarakat, namun dihadapi juga oleh anak didik dalam lingkungan pendidikan, seperti peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Pembentukan karakter peserta didik merupakan PR bagi setiap elemen pendidikan maupun pihak-pihak lain yang bersangkutan salah satunya guru akidah akhlak. Sehubungan dengan strategi pembelajaran akidah akhlak diharapkan pengorganisasian, penyampaian maupun pengelolaannya dapat memperoleh hasil output yang maksimal yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik untuk kepribadian yang baik. Fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? 2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung 3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. 2) Mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. 3) Mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini dilakukan dengan pengecekan keabsahan data dengan membicarakan dengan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran akidah akhlak yang digunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung dengan menggunakan penyusunan RPP dan pengorganisasian materi. 2) Strategi penyampaian pembelajaran akidah akhlak yang digunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung dengan menggunakan penggunaan metode ceramah, metode keteladanan dan pembiasaan, metode diskusi, pengunaan media LCD, video animasi, papan tulis, buku LKS, dan interaksi media dengan peserta didik. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran akidah akhlak yang digunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung meliputi, a) penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran yang pengaturannya di mengikuti jadwal dari sekolah sehingga guru hanya menyusun penjadwalan ulangan harian dan praktik, b) pembuatan catatan kemajuan peserta didik dengan menggunakan tanya jawab dan penilaian secara langsung kepada masing-masing peserta didik, penugasan, dan ulangan harian. Kesimpulan dari penilaian harian semuanya akan dicatat dalam rapot untuk dijadikan evaluasi dan dilaporkan ketika pertemuan wali murid. c) pemberian motivasi dilaksanakan di awal atau di akhir pembelajaran. Pemberian motivasi biasanya lebih memberikan arahan agar selalu menjaga sholatnya, cara bersikap kepada sesama manusia khususnya orang tua, guru dan masyarakat serta belajar membaca Al Qur’an (mengaji).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173456 YESSY FENTYDA NURUL AINI
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:25
Last Modified: 10 Aug 2021 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item