PENGARUH TEKNIK SANDIWARA BONEKA UNTUK MENINGKATKAN PERIAKU PROSOSIAL DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEDESAAN SAMBIROBYONG

FENTI NOFIA SARI, 12306173003 (2021) PENGARUH TEKNIK SANDIWARA BONEKA UNTUK MENINGKATKAN PERIAKU PROSOSIAL DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEDESAAN SAMBIROBYONG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH TEKNIK SANDIWARA BONEKA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEDESAAN S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik sandiwara boneka untuk meningkatkan perilaku prososial dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. Karena pada kenyataannya masih terdapat anak yang terindikasi memiliki perilaku prososial yang kurang optimal seperti anak suka mengganggu teman yang lain, tidak menyapa teman, memilihmilih dalam berteman. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif metode quasi experimental designdengan jenis nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berusia 5-6 tahun di TK Negeri Pedesaan Sambirobyong sebanyak 28 siswa dan sampel dalam penelitian sebanyak 14 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan skala perilaku prososial dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-test dan Independent Sample T-Test dengan menggunakan bantuan software spss 21.0 for windows. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap kelompok yang diberikan perlakuan teknik sandiwara boneka. Dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikasi (2-tailed) 0.000<0.05 yang berarti H a diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dari teknik sandiwara boneka dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Negeri Pedesaan Sambirobyong. Serta dari hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji Independent Sample T-Test didapatkan nilai signifikasi (2tailed) 0.000<0.05 yang berarti terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata Kunci : Perilaku Prososial, Teknik Sandiwara Boneka, Anak Usia Dini

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306173003 FENTI NOFIA SARI
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:25
Last Modified: 12 Aug 2021 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20606

Actions (login required)

View Item View Item