SHOLICHUL NURIL FAHMI, 12205173201 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI MI ARROHMAT RINGINSARI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di MI Arrohmat Ringinsari Blitar” ini ditulis oleh Sholichul Nuril Fahmi NIM 12205173201, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pengelolaan Kelas.Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal, mengajar dan mengelola kelas. Mengajar dimaksudkan agar peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan kegiatan mengelola kelas dimaksudkan sebagai proses untuk mempertahankan suasana kelas yang kondusif sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Strategi guru berpengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan mengelola kelas, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam mengelola kelas 3 di MI Arrohmat Ringinsari Blitar (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dari strategi yang diterapkan guru dalam mengelola kelas 3 di MI Arrohmat Ringinsari Blitar (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dari strategi yang diterapkan guru dalam mengelola kelas 3 di MI Arrohmat Ringinsari Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 3, dan guru agama kelas 3. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi metode, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, strategi guru yang digunakan dalam mengelola kelas meliputi strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran afektif, strategi pembelajaran kontekstual, strategi pembelajaran heuristic, strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM), strategi pembelajaran reflektif, strategi pembelajaran aktif, strategi pembelajaran tematik. Kedua, faktor pendukung dari strategi yang diterapkan dalam mengelola kelas 3 meliputi kondisi kelas, lingkungan keluarga, lingkungan sosial, teman sebaya, kurikulum, materi pembelajaran, fasilitas sekolah, potensi siswa, kultur kelas, karakter peserta didik, kondisi sosial ekonomi, kebiasaan belajar siswa. Ketiga, faktor penghambat dari strategi yang diterapkan guru dalam mengelola kelas 3 meliputi guru, peserta didik, keluarga, lingkungan sosial, karakter siswa, sarana dan prasarana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173201 SHOLICHUL NURIL FAHMI |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 03:49 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20647 |
Actions (login required)
View Item |