MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH (MADIN) PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR

MUSA RAHARJA, 12207173063 (2021) MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH (MADIN) PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Manajemen Tenaga pendidik Di Madrasah Diniyah (MADIN) Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar”, ini di tulis oleh Musa Raharja, NIM. 12207173063, Jurusan Manajemen pendidikan Ilsam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institusi Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh, Dr. Hj. Chusnul chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen, Tenaga pendidik Manajemen tenaga pendidik adalah serangkaian kegiatan pengelolaan tenaga pendidik atau personalia dalam sebuah lembaga pendidikan dari mulai pengangkatan atau perekrutan tenaga pendidik maupun kependidikan sampai dengan keluar baik pensiun maupun di bebas tugaskan dari tanggung jawabnya sebagai tenaga pendidik. Manajemen tenaga pendidik dilakukan dengan tujuan untuk mengatur segala sesuatu mengenai program kegiatan yang menyangkut tentang tenaga pendidik, supaya pencapaian tujuan lembaga dapat berjalan dengan baik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bgaimana Proses Pengangkatan (recruitmen) Tenaga pendidik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar(2) Bagaimana Pengelolaan Tenaga Pendidik Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar (3) Bagaimana Evaluasi Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Sumber data yang diambil dari Kepala Madrasah Diniyah, Waka Kurikulum, salah satu Ustadz Madrasah Diniyah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan kecermatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan membercheck, transferability, depandibility, dan confirmability. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Perekrutan tenaga pendidik yang dilakukan oleh pengelola Madrasah Diniyah dengan menggunakan sistem yang sistematis dan (Informal) yang menggunakan mekanisme dan aturan tertentu (2) Pengelolaan tenaga pendidik yang dilakukan oleh pengelola Madrasah Diniyah khususnya oleh Kepala Madrasah dan Wakil Kepala bidang kurikulum, ada beberapa yang dikelola mulai dari pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik, pemberian kompensai dan tunjangan, dan pemutusan hubungan kerja baik, mengundurkan diri dari tugas serta tanggungjawabnya dan bisa juga di berhentikan oleh pengelola madrasah dengan alasan tertentu (3) Evaluasi tenga pendidik yang dilakukan oleh pengelola Madrasah Diniyah dalam bentuk perseorangan dan secara umum atau bersama dalam sebuah rapat atau musyawarah, berdasarkan acuan target pengajaran dan kinerja dari tenga pendidik tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207173063 Musa Raharja
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:41
Last Modified: 16 Aug 2021 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item