ASFI DEA RATU BIUTY MAHERA, 12201173041 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SIKAP AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PROGRAM TA’MIR MUSHALLA AL-FIRDAUS DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (969kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (369kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (893kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (613kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Sikap Amanah dan Tanggung Jawab Siswa melalui Program Ta’mir Mushalla Al-firdaus di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Asfi Dea Ratu Biuty Mahera, NIM. 12201173041, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Amanah, Tanggung Jawab Sikap amanah dan tanggung jawab merupakan bagian dari sifat wajib rasul. Sifat ini merupakan sifat dasar dan penting, Namun dalam praktiknya, sikap amanah dan tanggung jawab senantiasa dianggap biasa bahkan semakin luntur di kalangan generasi muda. Maka sangat diperlukan upaya untuk membina sikap amanah dan tanggung jawab tersebut, salah satunya adalah melakukan pembinaan berupa mengelola dan menjalankan suatu organisasi seperti ta’mir mushalla madrasah. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah perencanaan dari strategi guru dalam membina sikap amanah dan tanggung jawab siswa melalui program ta’mir mushalla al-firdaus di MAN 3 Blitar? (2) Bagaimanakah pelaksanaan dari strategi guru dalam membina sikap amanah dan tanggung jawab siswa melalui program ta’mir mushalla al-firdaus di MAN 3 Blitar? (3) Bagaimanakah Evaluasi dari strategi guru dalam membina sikap amanah dan tanggung jawab siswa melalui program ta’mir mushalla al-firdaus di MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini wawancara kepada narasumber digunakan untuk menggali data, yaitu data tentang perencanaan pembinaan sikap amanah dan tanggung jawab seperti berkas dokumen keorganisasian, data pelaksanaan pembinaan yang kemudian ditunjukkan melalui dokumentasi dan data tentang evaluasi seperti dokumen hasil rapat evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membina sikap amanah dan tanggung jawab siswa melalui program ta’mir mushalla al-firdaus (1) Perencanaan pembinaan sikap amanah dan tanggung jawab siswa adalah dengan pengadaan rapat tentang pemberian tugas dan wewenang pengelolaan ta’mir mushalla al-firdaus (2) Pelaksanaan pembinaan adalah bagaimana siswa-siswi dalam menjalankan tugas dan kewajiban dalam ta’mir (3) Evaluasi pembinaan sikap amanah dan tanggung jawab adalah berupa penilaian tentang aktualisasi perilaku dan sikap-sikap yang termasuk dalam indikator seseorang bersikap amanah dan tanggung jawab
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asfi Dea |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 05:10 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 05:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20898 |
Actions (login required)
View Item |