STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI- NILAI RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ROSITA PRATIWI, 12205173005 (2021) STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI- NILAI RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSkripsi dengan judul “Strategi Guru Menanamkan Nilai- Nilai Religius dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Rosita Pratiwi, NIM. 12205173005, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Menanamkan Nilai-Nilai Religius, Membentuk Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai- nilai religius karena menjadi nilai utama yang wajib ditanamkan kepada siswa sebagai penunjang keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Adapun dalam pelaksanaannya dapat dilakukan dalam berbagai lingkungan salah satunya di bidang pendidikan yaitu lingkungan sekolah. Oleh karena itu lingkungan sekolah akan sangat mempengaruhi terbentuknya karakter siswa serta apa yang mereka peroleh di sekolah akan menentukan baik tidaknya karakter siswa tersebut. Dalam hal ini lembaga pendidikan termasuk SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru juga ikut berperan dalam menanamkan nilai- nilai religius kepada siswa dalam rangka membentuk karakter siswa sejak dini melalui strategi guru. Adapun pertanyaan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis nilai ibadah dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021?, (2) Bagaimana strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis nilai akhlak dan kedisiplinan dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021?, (3) Bagaimana strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis keteladanan dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi, pengecekan teman sejawat, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis nilai ibadah dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 dimulai dari (a) menata niat siswa untuk beribadah, (b) guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang beribadah, (c) pelaksanaan beribadah, (d) strategi pembiasaan, (e) strategi pembelajaran kontekstual (CTL), (f) strategi pemberian nasehat, serta (g) mengikutsertakan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius jenis nilai ibadah. (2) Strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis nilai akhlak dan kedisiplinan dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai berikut, (a) strategi pembiasaan, (b) strategi ceramah atau pemberian nasehat, (c) strategi teladan guru, dan (d) strategi hukuman. (3) Strategi guru menanamkan nilai- nilai religius jenis nilai keteladanan dalam membentuk karakter siswa di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai berikut, (a) strategi pemberian nasihat, (b) strategi pemberian cerita tokoh inspirasi atau ibrah dan amtsal, (c) strategi keteladanan guru, (d) strategi pencontohan perilaku baik dari siswa satu ke siswa lain, serta (e) strategi keteladanan orang tua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173005 ROSITA PRATIWI
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:03
Last Modified: 16 Aug 2021 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item View Item