PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

TOHAROH, MAIN (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER DAN BAGIAN AWAL.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Main Toharoh, NIM. 3217113066, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, S.Si. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa telah menanamkan asumsi negatif tentang Matematika, sehingga membuat siswa tersebut susah untuk belajar Matematika. Hal ini berakibat pada nilai Matematika yang masih di bawah rata-rata. Kecenderungan guru yang masih menggunakan metode atau model pembelajaran yang monoton, membuat asumsi siswa semakin kuat bahwa Matematika itu sangat membosankan. Guru juga lebih mendominasi pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini akan mencoba menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk mengatasi rendahnya hasil belajar Matematika yang ditemukan pada siswa kelas V-A MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan siswa kelas V-A MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan siswa kelas V-A MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanakan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematika siswa kelas V-A MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa mulai pre test, post test siklus 1, sampai post test siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 55,44 (pre test), meningkat menjadi 68,92 (post test siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 83,44 (post test siklus 2). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat Pre Test presentasenya 32,00%, meningkat pada hasil post test siklus 1, persentase ketuntasan belajar 56,00% kemudian meningkat lagi pada hasil post test siklus 2, persentase ketuntasan belajar 84,00%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V-A MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: MAIN TOHAROH
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:22
Last Modified: 08 Sep 2015 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item