CYBER PUBLIC RELATION UNTUK MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI INSTAGRAM @PETROKIMIAGRESIK_OFFICAL SELAMA PANDEMI COVID-19

MOCH ALI FAISOL, 12305173001 (2021) CYBER PUBLIC RELATION UNTUK MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI INSTAGRAM @PETROKIMIAGRESIK_OFFICAL SELAMA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
CYBER PUBLIC RELATION UNTUK MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI INSTAGRAM @PETROKIMIAGRESIK_OFFICAL SELAMA PANDEMI COVID-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Instagram bukan hanya sebagai media berbagai foto dan video, lebih luas digunakan sebagai media informasi dan publikasi perusahaan. Pada pandemi covid-19 Instagram mengalami peningkatan 40% dari penggunaan normal. Hal ini menjadi peluang perusahaan untuk menetapkan posisi dan citra selama pandemi covid-19. Penelitian ini akan membahas mengenai pemanfaatan media sosial instagram sebagai media publikasi perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan element cyber public relation dan konstruksi pesan yang dibangun pada setiap unggahan konten instagram terhadap pembentukan citra perusahaan di Instagram. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan objek akun @petrokimiagresik_official. Pengumpulan data dilakukan dengan coding sheet dan dokumentasi. Teori pembentukan citra dan teori pembentukan pesan digunakan sebagai teori utam dalam kajian kontruksi pesan. Sedangkan teori cyber public relation digunakan sebagai kajian pendukung. Temuan peneliti menunjukkan bahwa element cyber public relation telah berhasil ditampilkan pada akun @petrokimiagresik_official. Element ini meliputi yakni Transparancy, Intenet Porosity, The Internet as agent, dan Richness in Content and Reach. Kemudian konstruksi pesan pada setiap konten unggahan akan menentukan pembentukan citra perusahaan pada media sosial. Kontrusi pesan yang kuat akan membentuk pengalaman dan pengetahuan bagi masyarakat sebagai awal terbentuknya citra. Citra yang kuat telah terbentuk pada akun @petrokimiagresik_official namun tingginya pengikut tidak diikuti dengan interaksi yang baik. Kata kunci : cyber public relation, humas, instagram, citra, Konstruksi pesan, petrokimia gresik, covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305173001 MOCH ALI FAISOL
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:18
Last Modified: 18 Aug 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21061

Actions (login required)

View Item View Item