MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SISTEM KREDIT SEMESTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR

RIKZA LUTFHI, 17207163026 (2020) MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SISTEM KREDIT SEMESTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Rikza Lutfhi, NIM. 17207163026, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Strategis, Kepala Madrasah, Sistem Kredit Semester Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sekolah dalam jangka panjang. Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini kepala madrasah sebagai pemimpin harus memiliki strategi yang dirumuskan secara operasional dengan memperhitungkan segala faktor yang berkaitan dengan pelaksanaan pencapaian program tersebut. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni MAN 1 Blitar sebagai objek penelitian. Sekolah ini menerapkan program SKS yang sudah berjalan dua tahun serta ditunjang dengan infrastruktur dan tenaga pendidik yang professional. Dengan strategi yang dimiliki kepala sekolah dari tahun pertama ke tahun selanjutnya proses yang dihasilkan meningkat. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana formulasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan sistem kredit semester? 2) Bagaimana implementasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan sistem kredit semester? 3) Bagaimana evaluasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan sistem kredit semester? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Formulasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan SKS di MAN 1 Blitar dengan menggunakan analisis internal dan eksternal, serta melakukan koordinasi dengan Waka untuk membentuk Tim pelaksana SKS, untuk mewujudkan komitmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diadakan pernyataan hitam diatas putih yang bermaterai, langkah terakhir perumusan strategi kepala madrasah dengan menggunakan strategi intensif yang menghasilkan meningkatnya sarpras untuk menunjang proses pembelajaran SKS, dan meningkatnya komitmen dan tanggungjawab tenaga pendidik dalam pembelajaran SKS. 2) Implementasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan SKS di MAN 1 Blitar; dalam proses pembelajaran madrasah ini bervariasi, pembelajaran dilakukan didalam maupun diluar kelas, dalam proses pembelajaran mengkombinasikan antara student centered dengan teacher centered, implementasi strategi dalam penggunaan sarpras memfokuskan pada pengadaan, kebutuhan, pemeliharaan dan mengatur pemanfaatan sarpras, untuk mendukung proses pembelajaran SKS kepala sekolah melakukan study banding dan workshop di SMAN 1 Probolinggo bersama tenaga pendidik, kependidikan dan juga peserta didik. 3) Evaluasi manajemen strategis kepala madrasah dalam meningkatkan SKS di MAN 1 Blitar; supervisi atau pengawasan langsung dilakukan dengan mengamati langsung program kegiatan baik yang dilakukan kepala madrasah ataupun koordinator, evaluasi rutin proses pembelajaran SKS memfokuskan pada proses pembelajaran melalui pelaksanaan ulangan harian, UTS dan UAS, penerapan pembelajaran program SKS mengalami peningkatan dalam hasil pembelajaran peserta didik daripada penerapan sistem pembelajaran yang konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 17207163026 RIKZA LUTFHI
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:13
Last Modified: 20 Aug 2021 01:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item View Item