KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA MTSN 2 TRENGGALEK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

EVA RIZKIYANTI, 12204173035 (2021) KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA MTSN 2 TRENGGALEK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa MTsN 2 Trenggalek pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar” ini ditulis oleh Eva Rizkiyanti, NIM. 12204173035, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Analogi, Penalaran Analogi, Bangun Ruang Sisi Datar Penalaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan penalaran yaitu menggunakan metode analogi. Analogi merupakan suatu konsep berfikir atau bernalar tentang hal baru yang diperoleh dari suatu hal yang sudah diketahui siswa sebelumnya dengan memperhatikan persamaan antara dua hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis pada tahap encoding (pengkodean), inferring (penyimpulan), mapping (pemetaan), dan applying (penerapan) siswa MTsN 2 Trenggalek pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes penalaran analogi matematis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII-G MTsN 2 Trenggalek, dimana 2 siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada materi bangun ruang sisi datar cenderung rendah. 1) Tahap encoding (pengkodean) siswa tingkat kemampuan matematika tinggi dan sedang mampu melalui tahap ini, sedangkan siswa pada tingkat kemampuan matematika rendah belum mampu melalui tahap ini. 2) Tahap inferring (penyimpulan) siswa pada tingkat kemampuan matematika tinggi mampu melakukan melalui tahap ini, sedangkan siswa pada tingkat kemampuan matematika sedang dan rendah belum mampu melalui tahap ini. 3) tahap mapping (pemetaan) siswa pada tingkat kemampuan matematika tinggi dan sedang mampu melalui tahap ini, sedangkan siswa pada tingkat kemampuan matematika rendah belum mampu melalui tahap ini. 4) tahap applying (penerapan) siswa pada tingkat kemampuan matematika tinggi dan sedang mampu melalui tahap ini. Sedangkan siswa pada tingkat kemampuan matematika rendah belum mampu melalui tahap ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RIZKIYANTI EVA
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:47
Last Modified: 20 Aug 2021 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item