EKA APRILIANA HASNA HANIFAH, 12204173215 (2021) PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (694kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (194kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Durenan” Ini ditulis oleh Eka Apriliana Hasna Hanifah, NIM. 12204173215, Pembimbing Dr.Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Metaphorical Thinking, Masalah yang sering terjadi sekarang dalam pembelajaran matematika adalah bagaimana mengajar matematika menjadi lebih baik. Mengajar hanya dengan berbicara bisa disebut dengan pendekatan yang kuno, karena pendekatan ini mengabaikan kemampuan literasi matematis dari setiap siswa. Dalam konteks ini menunjukkkan bahwa siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yang menghubungankan gagasan-gagasan atau ide ide matematis, membuat argumen, serta menginterpretasikan dan mengkomunikasikan masalah matematika. Kemampuan literasi matematis merupakan aktivitas yang merujuk pada kegiatan siswa mempresentasikan masalah, menggunakan pengetahuan matematika dalam menyelesaikan masalah, membuat argumen, serta mengkomunikasikan masalah matematika dalam kehidupan. Untuk itu salah satu alternatif yang mampu mendukung upaya peningkatan kemampuan literasi matematis siswa, yaitu dengan menerapkan pendekatan metaphorical thinking dimana pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan strategi metafora untuk menjelaskna suatu gagasan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking bisa mencapai indikator soal tes kemampuan literasi matematis. 2) Untuk mengetahui perbandingan rata rata nilai tes kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking dan konvensional. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental design yang didesain Posstest-Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X sedangkan sampel yang akan diteliti yaitu kelas X IPA 1 kelompok A yang berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA 2 kelompok A yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan soal tes kemampuan literasi matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent samples T-Test) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendekatan metaphorical thinking lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi trigonometri kelas X SMAN 1 Durenan 2) Konvensional kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi trigonometri kelas X SMAN 1 Durenan. 3) Ada pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Durenan, pada taraf signifikan 0,000.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173215 Eka Apriliana Hasna Hanifah |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 02:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21231 |
Actions (login required)
View Item |