PENGARUH PENGUNAAN METODE PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR”

CHASANAH, AFID DATUL (2011) PENGARUH PENGUNAAN METODE PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR”. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 4 BARU.doc

Download (888kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN BARU.doc

Download (33kB)
[img] Text
DEPAN AFID.doc

Download (149kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Penggunaan Metode Pengajaran, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan. Tanpa metode suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pengajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam membaca pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?. 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pengajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam menulis pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?. 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pengajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam menghafal pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Skripsi ini bermanfat sebagai penambah wawasan dan khazanah intelektual serta informasi mengenai pengaruh penggunaan metode pengajaran terhadap prestasi belajar Fiqih bagi sekolah diharapkan dapat mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan metode pengajaran terhadap prestasi belajar siswa sehingga guru dapat memaksimalkan penggunaan metode pengajaran tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Sumber data pertama yaitu angket untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan metode pengajar terhadap prestasi belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengganti data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan. Metode interview digunakan sebagai data pendukung yang diperoleh dari personalia MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk mengganti data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan serta dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan metode pengajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam hal membaca pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai = 0,51 berada pada level interpretasi sedang/cukupan (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan metode pengajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam hal menulis pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai = 0,69 berada pada level interpretasi sedang/cukupan. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan metode pengajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII dalam hal menghafal pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai = 0,48 berada pada level interpretasi sedang/cukupan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2015 01:48
Last Modified: 09 Sep 2015 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item