PEMBELAJARAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN 2007 / 2008

MURDYANINGSIH, ANI (2011) PEMBELAJARAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN 2007 / 2008. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak - Skripsi ANI Baru.rtf

Download (8kB)
[img] Text
Bab I - Skripsi ANI BAru.rtf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Anis - BAru.rtf

Download (142kB)
[img] Text
Bab III - Skripsi ANI BAru.rtf

Download (139kB)
[img] Text
Bab V - Skripsi ANI BAru.rtf

Download (18kB)
[img] Text
Bab IV - Skripsi ANI BarU.rtf

Download (737kB)
[img] Text
DP - Skripsi ANI BAru.rtf

Download (25kB)
[img] Text
Cover- Skripsi ani baru.rtf

Download (934kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Metode Numbered Head Together, Pemahaman Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesempatan peserta didik dalam proses belajar salah satu penyebabnya adalah metode dan pendekatan yang dikuasai guru belum beranjak dari pola tradisional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Dalam pembelajaran matematika seyogyanya tidak disamakan dengan ilmu-ilmu yang lain. Mengingat matematika memiliki karakteristik sendiri yang khas merupakan ilmu pengetahuan yang sangat besar sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tapi dalam kenyataannya, prestasi pendidikan kita matematika masih dibawah standar ilmu-ilmu yang lain. Hal tersebut memang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah rendahnya pemahaman belajar siswa pada materi matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan peran serta guru dalam menyediakan kondisi belajar yang tepat yang diharapkan meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu metode yang ditawarkan peneliti adalah metode pembelajaran kooperatif model NHT. Metode ini merupakan metode yang mengajak siswa berfikir bersama dan bertanggung jawab dalam kelompok belajar. Yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan metode Numbered Head Together pada materi persamaan kuadrat di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008?, 2) Bagaimana pemahaman siswa tentang persamaan kuadrat melalui pembelajaran Numbered Head Together di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008?, 3) Bagaimana respon siswa dengan pembelajaran metode Numbered Head Together pada materi persamaan kuadrat di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008, 2) Untuk mengetahui pemahaman siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat dengan pembelajaran metode Numbered Head Together di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008, 3) Untuk mengetahui respon siswa dalam proses pembelajaran metode Numbered Head Together di SMP Islam Gandusari Trenggalek kelas IX tahun pelajaran 2007-2008. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Gandusari Trenggalek. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah (a) Tes yang bertujuan untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa, (b) Observasi yang dilakukan untuk mengamati segala aktifitas peneliti selama kegiatan penelitian. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan diterapkannya metode Numbered Head Together dengan cara melihat hasil tes normatif siswa. Penerapan metode Numbered Head Together dalam penelitian ini dilakukan dua kali siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan diterapkannya metode pembelajaran Numbered Head Together dapat disimpulkan bahwa pemahaman belajar siswa pada materi persamaan kuadrat adalah sangat baik, hal ini ditunjukkkan dengan hasil yang dicapai siswa pada tes siklus I nilai rata-ratanya 57,24 mengalami peningkatan menjadi 78,75 pada siklus II. Respon siswa terhadap pembelajaran persamaan kuadrat dengan metode NHT juga meningkat dari siklus yang pertama 70% menjadi 80% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulakan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT bisa meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi persamaan kuadrat. Meningkatkan respon siswa untuk lebih semangat belajar di kelas IX siswa SMP Islam Gandusari Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2015 03:28
Last Modified: 09 Sep 2015 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item