PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019)

NUNING VIRDANATI SYAHFIROH, 12401173225 (2021) PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019)” ini ditulis oleh Nuning Virdanati Syahfiroh, NIM. 12401173225, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung di bimbing oleh Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh profitabilitas bank syariah yang baik diukur menggunakan return on asset (ROA). Salah satu yang dilakukan perbankan syariah untuk dapat meningkatkannya, bank syariah harus memantau manajemen keuangan bank melalui rasio-rasio keuangan bank. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap profitabilitas (ROA), (2) menguji”pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap”profitabilitas (ROA), (3) menguji”pengaruh Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap profitabilitas (ROA) pada bank umum syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang ada di Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling maka jumlah sampel yang didapat sebanyak tujuh bank umum syariah. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah (BNI Syariah, BRIsyariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, BCA Syariah, Panin Bank Syariah dan Bank Victoria Syariah) periode 20152019. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) uji normalitas (2) uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi, (3) analisis regresi linier berganda, (4) uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, serta (5) uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), (2) Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA), (3) Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan (bersamasama) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada bank umum syariah di Indonesia. Kata Kunci: Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Financing (NPF), Profitabilitas, Return On Asset (ROA)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173225 Nuning Virdanati Syahfiroh
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:19
Last Modified: 30 Aug 2021 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item