PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

SUFLA, NURUN NAFILATUS (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB AWAL.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB ISI.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Strategi Pembelajaran Aktif Questions Students Have dan Learning Starts with a Question pada Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Nurun Nafilatus Sufla dibimbing oleh Dra. Hj. Retno Indayati, M. Si. Anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang paling sulit dan bahkan menakutkan dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, seorang guru harus bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan strategi yang bervariasi, menumbuhkan daya kreatifitas dan tentunya melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang sistematis yaitu salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif yang tepat dapat mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki peserta didik, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Salah satu strategi pembelajaran aktif yang dapat mengatasi hal tersebut adalah strategi pembelajaran aktif Questions Students Have dan Learning Starts with a Question. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have?, (2) bagaimana hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Learning Starts with a Question?, (3) apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have dan Learning Starts with a Question pada siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) nilai rata-rata hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have, (2) nilai rata-rata hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Learning Starts with a Question, (3) perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have dan Learning Starts with a Question pada siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi dan eksperimen bentuk Pre-Experimental Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah perlakuan dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan nilai ulangan tengah semester genap siswa kelas X AK3 dan X AK4. Metode analisis data menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have pada siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung memiliki nilai rata-rata 68. (2) Hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif Learning xvi Starts with a Question pada siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung memiliki nilai rata-rata 79,29. (3) Pada analisis data dengan menggunakan t-test didapat sig. (2-tailed) pada output SPSS = 0,037 yang berarti 0,037 < 0,05, maka ditolak. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have dan Learning Starts with a Question pada siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung, dimana strategi pembelajaran Learning Starts with a Question menghasilkan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurun Nafilatus Sufla
Date Deposited: 10 Sep 2015 03:05
Last Modified: 10 Sep 2015 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item