PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DASAWA (DAKON AKSARA JAWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

LULUK DEWI SURYANI, 12505194007 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DASAWA (DAKON AKSARA JAWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan Judul “Pengembangan Multimedia Interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Luluk Dewi Suryani, NIM. 12505194007 dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Jazeri, M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Pengembangan Multimedia Interaktif, Dakon Aksara Jawa, Sandhangan Aksara Jawa Pengembangan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) ini dasarkan pada temuan bahwa penyajian media pembelajaran yang belum bervariasi dan dianggap kurang menarik dalam mengenalkan sandhangan Aksara Jawa. Maka diperlukannya inovasi baru dalam penyajian media pembelajaran yang menarik dan dapat mengenalkan sandhangan Aksara Jawa serta mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa peserta didik sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik di lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimanakah efektivitas penggunaan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimanakah hasil belajar bahasa Jawa kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menggunakan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa)? Tesis ini bertujuan untuk (1) Memaparkan proses pengembangan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar (2) Memaparkan efektivitas penggunaan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar (3) Memaparkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menggunakan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa). Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) , prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi produk, (5) revisi awal produk, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan hasil analisi data ditemukan (1) Temuan permasalahan tentang kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar pengenalan sandhangan Aksara Jawa yang mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) yang mana bertujuan untuk supaya peserta didik dapat belajar sambil bermain. Hal ini diharapkan bahwa peserta didik selain dapat bermain namun juga dapat belajar memahami materi sandhangan Aksara Jawa, mengusung tampilan yang menggabungkan teks, gambar, audio, musik, video juga permainan dalam kesatuan yang saling mendukung. Media ini pembelajaran ini bertujuan untuk menarik minat peserta didik agar termotivasi untuk belajar sandhangan Aksara Jawa sehingga hasil belajar juga meningkat. (2) Hasil kelayakan produk hasil uji validasi media memperoleh skor rata-rata 87,75%. Hasil analisis validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 89% dan uji lapangan terhadap guru sebesar 85%. Sementara hasil belajar peserta didik pada pre test memperoleh rata-rata 68,25 dan pelaksanaan post test memperoleh rata-rata sebesar 89,25. Adapun perolehan nilai terendah pada saat post test adalah 78 dan tertinggi adalah 100. (3) Hasil analisis data menggunakan uji t (Independent sample t-test) diperoleh nilai thitung 4.322 lebih besar dari ttabel 2.021. Data di atas menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) yang telah dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar kelas IV MI Miftahul Ulum Kademangan Blitar. Berdasarkan penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) ini layak, efektif untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi sekolah yang mempunyai permasalahan dalam mengenalkan sandhangan Aksara Jawa, dapat menerapkan multimedia interaktif DASAWA (Dakon Aksara Jawa) bagi peserta didik kelas IV SD/MI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194007 LULUK DEWI SURYANI
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:45
Last Modified: 31 Aug 2021 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item