PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KOMIK DIGITAL ( BISA BASA JAWA ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS III MI BAITUR ROHMAN BANTENGAN BANDUNG TULUNGAGUNG

SITI AINUN NAZHIROH, 12505194009 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KOMIK DIGITAL ( BISA BASA JAWA ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS III MI BAITUR ROHMAN BANTENGAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFATAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Interaktif Komik Digital “Bisa basa Jawa” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Ainun Nazhiroh dibimbing oleh Prof. Dr. Jazeri, M.Pd., dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Komik Digital, Hasil Belajar,“Bisa basa Jawa” Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kesulitan memahami isi materi unggah-ungguh basa dikarenakan bahasa Jawa adalah pelajaran yang sulit dan kurangnya pemanfaatan media IT dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran dalam bentuk IT yang dapat membantu peserta didik memahami materi lebih nyata sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Pengembangan Multimedia Interaktif Komik Digital “Bisa basa Jawa” Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung?; (2) Bagaimana Kelayakan Penggunaan Multimedia Interaktif Komik Digital “Bisa basa Jawa” dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung?; (3) Bagaimanakah Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung dalam menggunakan multimedia interaktif komik digital “Bisa basa Jawa”? Tesis ini bertujuan untuk (1) Untuk Mengetahui Desain Pengembangan Multimedia Interaktif Komik Digital (Bisa basa Jawa) Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung; (2) Untuk Mengetahui Kelayakan Penggunaan Multimedia Interaktif Komik Digital (Bisa basa Jawa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung; (3) Untuk Megetahui Penggunaan Multimedia Interaktif Komik Digital (Bisa basa Jawa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono, yang berhenti pada tahap ke 7. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 4 ahli yaitu 2 ahli materi, 2 ahli Media, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas IIIA MI Baitur Rohman Bantengan yang berjumlah 17 siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk berupa multimedia yang dikembangkan layak digunakan di MI Baitur Rohman Bantengan Bandung; (2) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t (Independent Sample T test) thitung 3,634 lebih besar dari ttabel 2.021 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Multimedia Interaktif Komik Digital (Bisa basa Jawa) dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (3) Hasil validasi produk oleh ahli media sebesar 91,00% dari ahli media pertama dan 84,38% dari ahli media kedua. Hasil analisis validasi materi oleh ahli materi sebesar 85,00% dan uji lapangan terhadap guru pengampu sebesar 100%. Sementara hasil belajar peserta didik pada pre test memperoleh rata-rata sebesar 57,35 dan pada pelaksanaan post test memperoleh rata-rata sebesar 80,58, adapun perolehan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95. Hasil dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif komik digital (Bisa basa Jawa) ini memang valid dan efektif serta layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi sekolah yang memiliki permasalahan dalam mengenalkan unggah-ungguh basa, dapat menerapkan multimedia interaktif komik digital (Bisa basa Jawa) bagi peserta didik kelas III SD/MI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194009 SITI AINUN NAZHIROH
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:50
Last Modified: 31 Aug 2021 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item