CHASANAH, BINTI ZULIATUL (2011) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM WONODADI BLITAR TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008. [ Skripsi ]
Text
BAB I ZULI.doc Download (45kB) |
|
Text
BAB II skripsi zuli.doc Download (119kB) |
|
Text
BAB III skripsi zuli.doc Download (638kB) |
|
Text
BAB IV Zuli revisi.doc Download (693kB) |
|
Text
lampiran zuli.doc Download (506kB) |
|
Text
Pembelajaran KooperatifTGT-Zuli.doc Download (529kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Prestasi Belajar Matematika Salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Wonodadi Blitar adalah adanya kesan negatif terhadap pelajaran matematika. Mereka menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, terus menerus menghitung dan membosankan. Untuk memperbaiki persepsi para siswa tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Materi yang digunakan dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah bangun ruang yang dikhususkan pada kubus dan balok. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa kelas VIII tahun pelajaran 2007/2008? (2) Bagaimana prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa kelas VIII tahun pelajaran 2007/2008 melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah mendeskripsikan proses pembelajarannya, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas sebagai guru. Bagi MTs Wahid Hasyim sebagai sunmbangan pemikiran dalam rangka pembinaan peningkatan mutu pelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, visi dan misi, struktur organisasi, kegiatan ekstra kurikuler, sarana dan prasarana sekolah. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan kooperatif tipe TGT akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Adapun penerapan pembelajaran meliputi 1) penyajian kelas: pembukaan, pengembangan dan praktek terbimbing 2) belajar kelompok 3) turnamen dan ke 4) penghargaan kelompok. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir. Pada proses belajar mengajar hasil observasi menunjukkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran tinggi, siswa menjadi semangat dalam belajar, pengetahuan yang diperoleh siswa bukan semata-mata dari guru tetapi juga melalui keterlibatan dari siswa dan menumbuhkan sikap positif dalam diri siswa seperti kerjasama, toleransi serta bisa menerima pendapat orang lain. Untuk hasil observasi pengamatan aktivitas peneliti dan siswa pada siklus I masuk dalam kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi baik. Begitu juga dengan hasil tes akhir untuk siklus I masuk dalam kategori baik dan pada siklus II masuk dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 03:18 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2169 |
Actions (login required)
View Item |