BINTI KHOIRUN NIKMAH, 12209173013 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEDIA MOBILE POCKET BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN TEMA INTERAKSI SOSIAL PEMBELAJARAN SISWA SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengembangan Buku Ajar Media Mobile Pocket Book pada Mata Pelajaran IPS dengan Tema Interaksi Sosial Pembelajaran Siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Khoirun Nikmah, NIM. 12209173013, Pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., S.S, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Buku Ajar, Pocket Book. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu siswa masih kurang memiliki motivasi belajar mata pelajaran IPS. Kurangnya motivasi belajar pada seorang siswa merupakan penyebab utama dalam sebagian besar pengalaman siswa, oleh karena itu masalah ini menyebabkan penurunan minat belajar siswa dan mereka menghabiskan sebagian tahun menjadi sia-sia. Kurangnya motivasi belajar siswa ini adalah suatu problem yang sangat meragukan untuk guru maupun orang tua. Melihat persoalan tersebut, buku ajar menjadi bagian penting dalam kegiatan mengajar. Karena buku ajar menggambarkan salah satu media bantu pengajaran untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya. Jika tersedia model pembelajaran yang sesuai dan menyenangkan, siswa lebih menjadi termotivasi untuk belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media Mobile Pocket Book Pembelajaran IPS materi Interaksi Sosial untuk siswa kelas VII SMPN 3 Kalidawir ? (2) Bagaimana kelayakan buku ajar berbasis Pocket Book sebagai sumber belajar materi Interaksi Sosial di SMPN 3 Kalidawir ?. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Pocket Book Pembelajaran IPS materi Interaksi Sosial untuk siswa kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan media berbasis Mobile Pocket Book sebagai sumber belajar materi Interaksi Sosial di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media Mobile Pocket Book materi Interaksi Sosial kelas VII. Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan yang mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi dari model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari penelitian uji coba validasi, pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, revisi desain, dan uji coba produk. Hasil dari analisis data angket kevalidan menunjukkan nilai rata-rata persentase kevalidan ahli media sebesar 79,28%, menurut ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 81,52%. Dari hasil analisis kepraktisan dalam 2 indikator kepraktisan, yaitu (1) Hasil angket respon siswa, Secara keseluruhan dari angket siswa diperoleh rata-rata sebesar 89,97% (2) Penilaian validator secara konstuktif menyatakan media valid digunakan tanpa atau dengan revisi. Hasil analisis keefektifan yang dilakukan berdasarkan oleh hasil analisis data dalam 2 indikator keefektifan, yaitu (1) Tabulasi hasil evaluasi pengguna yang menunjukkan 86,6% (2) Data lembar aktivitas pengguna yang menujukkan persentase siswa yang bertanya 29,95% yang berarti media praktis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209173013 BINTI KHOIRUN NIKMAH |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 03:57 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21705 |
Actions (login required)
View Item |