PENGARUH PENDAPATAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS RETURN ON ASSETS DAN RETURN ON EQUITY (PT BNI Syariah di Indonesia Periode 2012-2019)

ANGGI SARI NOVIANA, 12401173220 (2021) PENGARUH PENDAPATAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS RETURN ON ASSETS DAN RETURN ON EQUITY (PT BNI Syariah di Indonesia Periode 2012-2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas Return on Assets dan Return on Equity (PT Bank BNI Syariah di Indonesia Periode 2012-2019)” ditulis oleh Anggi Sari Noviana, NIM. 12401173220, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan pembimbing Dedi Suselo, SE. M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produk pada bank syariah dengan fenomena kedua produk mudharabah dan musyarakah yang kian meningkat yang berdampak pada tingkat keuntungan yang diperoleh bank syariah. Hal ini peneliti menghubungkan pengaruh pendapatan mudharabah dan musyarakah terhadap tingkat profitabilitas Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Tujuan dari penelitian yaitu (1) Untuk menguji pengaruh pendapatan mudharabah terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA). (2) Untuk menguji pengaruh pendapatan musyarakah terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA). (3) Untuk menguji pengaruh pendapatan mudharabah terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE). (4) Untuk menguji pendapatan musyarakah berpengaruh terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE). (5) Untuk menguji pendapatan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA). (6) Untuk menguji pendapatan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data time series dan dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT BNI Syariah Indonesia. Penelitian menggunakan analisis uji asumsi klasik: uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autolinearitas, kemudian uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Dari analisis uji hipotesis dengan uji signifikansi parsial (t-Test) didapatkan (1) pendapatan mudharabah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA) (2) pendapatan musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA) (3) pendapatan mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE) (4) pendapatan musyarakah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE). Sedangkan uji hipotesis dengan uji signifikansi simultan (f-Test) didapatkan (5) pendapatan mudharabah dan musyarakah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Return on Assets (ROA) (6) pendapatan mudharabah dan musyarakah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Return on Equity (ROE). Kata Kunci: Pendapatan Mudharabah, Pendapatan Musyarakah, Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12402173268 Nur Rochim
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:17
Last Modified: 03 Sep 2021 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item