IMPLIKASI FLUKTUASI HARGA TELUR HORN TERHADAP PENDAPATAN PARA PETANI TELUR HORN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Fenomenologi pada Petani Telur Horn di Tiga Kecamatan, Kabupaten Tulungagung)

LAYTA AHYA AFIDA, 12402173055 (2021) IMPLIKASI FLUKTUASI HARGA TELUR HORN TERHADAP PENDAPATAN PARA PETANI TELUR HORN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Fenomenologi pada Petani Telur Horn di Tiga Kecamatan, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implikasi Fluktuasi Harga Telur Horn Terhadap Pendapatan Para Petani Telur Horn di Kabupaten Tulungagung (Studi Fenomenologi pada Petani Telur Horn di Tiga Kecamatan, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Layta Ahya Afida NIM. 12402173055, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Refki Rusyadi, M.Pd.I. Berdasarkan fenomena di lapangan bahwa harga telur horn sering mengalami fluktuasi harga. Diperkirakan tingginya tingkat permintaan dan kurangnya jumlah stock jenis telur horn menjadi salah satu penyebab fluktuasi harga bahan makanan pokok tersebut dan harganya cenderung meningkat. Dari perspektif pendapatan yang tidak pasti, terkadang pendapatan akan menurun atau bahkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana dampak dari fluktuasi harga telur terhadap jumlah pendapatan serta faktor apa saja yang mempengaruhi fluktuasi harga dan pendapatan telur horn pada para distributor kepada petani telur horn di Kabupaten Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi fluktuasi harga terhadap pendapatan pada petani telur horn di Kabupaten Tulunagung? 2) Bagaimana pengaruh fluktuasi harga terhadap pendapatan pada petani telur horn di Kabupaten Tulungagung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga dan pendapatan pada petani telur horn di Kabupaten Tulungagung. 2) untuk mengetahui pengaruh saat terjadi fluktuasi harga telur horn terhadap pendapatan telur horn pada petani telur horn di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang termasuk dalam kategori jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga telur horn terhadap pendapatan para petani telur horn adalah permintaan dari pasar Jakarta. 2) Adanya fluktuasi harga telur juga berimplikasi terhadap pendapatan para petani telur horn, dampak terburuknya petani telur horn tidak bisa melakukan peremajan ayam. Namun fluktuasi harga tidak selalu berdampak buruk, terkadang juga menguntungkan para petani telur contohnya ketika menjelang hari-hari besar keagamaan ataupun Nasional, selaimn itu hari hari biasa terkadang juga bisa terjadi kenaikan harga. Kata kunci: Implikasi Fluktuasi, Harga, Pendapatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173055 LAYTA AHYA AFIDA
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:53
Last Modified: 06 Sep 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item