IMPLEMENTASI SISTEM AKAD MUZARA’AH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS: BAGI HASIL DI DESA SUKOREJO KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK)

NANANG PRASETYO, 12402173482 (2021) IMPLEMENTASI SISTEM AKAD MUZARA’AH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS: BAGI HASIL DI DESA SUKOREJO KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Sistem Akad Muzara’ah dalam Meningkatkan Kesejahteraan petani (studi kasus: bagi hasil di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Nanang Prasetyo, NIM 12402173482, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M. Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian mayoritas masyarakat. Dalam sektor pertanian terbagi menjadi petani pemilik malahan dan petani penggarap lahan, diantara pemilik lahan dan petani penggarap melakukan pejanjian bagi hasil yang disebut dengan akad Muzara’ah. Tujuan dari akad Muzara’ah untuk mensejahterakan petani pemilik lahan maupun petani penggarap. Pada dasarnya masyarakat di desa sudah menggunakan sistem Muzara’ah namun mereka belum menyadarinya Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi sistem akad Muzara’ah dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (2) bagaimana dampak sistem akad Muzara’ah dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Dalam penelitian ini, peneliti menggubakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan sumber data yang diperoleh dari hasil pengamatan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknis analisis yang digunakan melalui tahap pemilihan hal pokok dan hal yang penting dilapangan sehingga, sehingga pemaparan data bisa dipahami pada kasus yang saat itu diteliti. Terakhir dengan menyimpulkan memperoleh tujuan dari sebuah penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi akad muzara’ah pada petani di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dilakukan secara lisan antara pemilik lahan dengan petani penggarap dengan membahas terkait biaya pertanian dan bagi hasil. Akad muzara’ah memberikan dampak terhadap kesejahteraan petani di Desa Sukorejo Kecamtan Gandusari Kabupaten Trenggalek, dimana hasil akad Muzara’ah menjadi sumber pendapatan petani dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari baik kebutuhan materi, fisik, mental dan spiritual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173482 NANANG PTASETYO
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:02
Last Modified: 06 Sep 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item