PERAN BUMDES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DESA UNTUK MEWUJUDKAN DESA MANDIRI (Studi Kasus di BUMDes Cipta Mandiri Sejahtera Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

DEWI MASITOH, 12402173135 (2021) PERAN BUMDES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DESA UNTUK MEWUJUDKAN DESA MANDIRI (Studi Kasus di BUMDes Cipta Mandiri Sejahtera Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran BUMDes dalam Mengembangkan Potensi Desa untuk Mewujudkan Desa Mandiri (Studi Kasus di BUMDes Cipta Mandiri Sejahtera Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Dewi Masitoh, NIM 12402173135, Pembimbing Suminto, M.Pd.I Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran BUMDes dalam mengembangkan potensi desa untuk mewujudkan desa mandiri? 2) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi BUMDes dalam mengembangkan potensi desa untuk mewujudkan desa mandiri? 3) Bagaimana dampak yang dirasakan oleh masyarakat desa sebelum dan setelah adanya BUMDes Cipta Mandiri Sejahtera? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi terus terang dan tersamar, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yakni dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekukan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Pandansari merupakan desa berkembang. 1) Peran BUMDes dalam mengembangkan potensi desa untuk mewujudkan desa mandiri yaitu menjalin kerjasama dengan pemilik usaha konveksi mukena dan usaha budidaya ikan air tawar yang selanjutnya dibentuk sebagai unit usaha industri rumah tangga berupa konveksi mukena dan unit usaha perikanan. Dalam hal ini BUMDes menitipkan modal usahanya, kemudian pembagian keuntungannya dengan cara bagi hasil. 2) Kendala yang dihadapi BUMDes Cipta Mandiri Sejahtera diantaranya pengaturan organisasi yang kurang tepat, kurangnya proaktif dari pemerintah desa dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, pada unit usaha industri rumah tangga konveksi mukena terkendala di bagian promosi produk, kelangkaan dan kenaikan harga kain, kurangnya tenaga kerja pada bagian bordir, sementara pada unit usaha perikanan terkendala pada pemasaran dan perubahan cuaca. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: merekrut generasi muda untuk mengurus dan mengelola BUMDes, mendorong pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi lebih lanjut, mengikuti kursus marketing online serta menjalin kerjasama dengan beberapa supplier toko kain, tetap bertahan pada usahanya dan segera mengganti air kolam setelah hujan. 3) Sebelum adanya BUMDes potensi desa belum dapat dikelola dengan maksimal, dan kekurangan modal sebagai faktor pendukung dalam mengembangkan usaha. Setelah adanya BUMDes perlahan – lahan potensi desa terkelola dengan baik melalui pembentukan unit-unit usaha sesuai dengan potensi desa, serta tercukupinya modal usaha. Kata Kunci: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Potensi Desa, dan Desa Mandiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173135 Dewi Masitohh
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:14
Last Modified: 06 Sep 2021 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21832

Actions (login required)

View Item View Item