MUMPUNI TIARA LAWE, 12401173058 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI BMT MUAMALAH DAN BMT NUSANTARA UMAT MANDIRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (815kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Segmentasi, Targeting, dan Positioning Produk Pembiayaan Murabahah guna Meningkatkan Jumlah Anggota di BMT Muamalah dan BMT NUsantara UMAT MANDIRI Tulungagung” ini ditulis oleh Mumpuni Tiara Lawe, NIM 12401173058, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung dengan pembimbing Dr.Hj. Nur Aini Latifah, S.E.,M.M. Dalam melakukan kegiatan pemasaran suatu produknya, seorang marketer harus tahu betul siapa yang akan menjadi target pasar sebagai konsumennya. Dengan itu diperlukan strategi segmentasi, targeting dan positioning dalam menentukan segmen pasar dan target pasar yang ingin dituju serta agar perusahaan mampu memberikan kesan dan citra perusahaan di benak konsumen. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan strategi pemasaran segmentasi, targetting, dan positioning produk pembiayaan murabahah guna meningkatkan jumlah anggota di BMT Muamalah dan di BMT NUsantara UMAT MANDIRI Tulungagung? (2) bagaimana dampak dari strategi pemasaran segmentasi, targetting, dan positioning guna meningkatkan jumlah anggota di BMT Muamalah dan di BMT NUsantara UMAT MANDIRI Tulungagung? (3) bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapan strategi pemasaran segmentasi, targetting, dan positioning guna meningkatkan jumlah anggotadi BMT Muamalah dan di BMT Nusantara UMAT MANDIRI Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berbasis komparatif jenis deskriptif. Dengan objek penelitian ini di BMT Muamalah dan BMT NUsantara UMAT MANDIRI Tulungagung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis model interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa (1) BMT Muamalah dan di BMT NUsantara UMAT MANDIRI melakukan strategi segmentasi dengan mengelompokkan konsumennya ke dalam beberapa segmen demografis kelas sosial. (2) untuk target pasarnya BMT Muamalah menargetkan para pedagang, sedangkan BMT NUsantara UMAT MANDIRI menargetkan para petani. (3) BMT Muamalah dan di BMT NUsantara UMAT MANDIRI memposisikan produknya sebagai produk pembiayaan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adapun kendala yang dialami yaitu (1) terdapat pesaing yang membidik segmen serupa. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmentasi, Targeting, Positioning, Anggota, PembiayaanMurabahah, BMT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173058 MUMPUNI TIARA LAWE |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21994 |
Actions (login required)
View Item |