EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IA MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ZIANA RABIATUL ADAWIYAH, 12205173269 (2021) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IA MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektifitas Media Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Tematik Siswa Kelas IA MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir” ini ditulis oleh Ziana Rabiatul Adawiyah, NIM. 12205173269, pembimbing Dr. H. Nur Kholis, S. Ag., M.Pd. Kata kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran Online, Prestasi Belajar. Penelitian yang dilatar belakangi pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media pembelajaran online karena adanya wabah covid-19 yang semakin merajalela sehingga pembelajaran harus dilakukan dari rumah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah dalam meningkatkan prestasi belajar tematik pada siswa kelas IA di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir dengan keefektifitasannya menerapkan media pembelajaran online. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran online tematik siswa Kelas IA MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir?, (2) Bagaimana efektifitas penerapan media pembelajaran online dalam Meningkatkan prestasi belajar tematik siswa Kelas IA MI AlHidayah 01 Betak Kalidawir?, (3) Apa saja kekurangan dan kelebihan penerapan media pembelajaran online dalam Meningkatkan prestasi belajar tematik siswa Kelas IA MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir?, (4) Bagaimana strategi menyelesaikan resistensi penerapan media pembelajaran online dalam Meningkatkan prestasi belajar tematik siswa Kelas IA MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subyek yang dituju merupakan siswa kelas IA, guru, dan orangtua sebagai pendamping saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Objek penelitian yang dituju adalah efektifitas penerapan media pembelajaran online dalam meningkatkan prestasi belajar tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan media pembelajaran online pada pembelajaran tematik siswa kelas IA dengan menggunakan dua media pembelajaran online, yaitu WhatsApp Group dan E-Learning Madrasah sesuai dengan kesepakatan para guru sekolah, (2) Keefektifitasan penerapan media pembelajaran online dalam meningkatkan prestasi belajar tematik. Dilihat dari sejauh mana kefahaman dan juga kecakapan peserta didik baik dari segi kecepatan respon, pengumpulan tugas dan hasil yang dicapai siswa melalui nilai yang didapat tidak kurang dari KKM yang telah ditentukan. Didukung oleh faktor dari dirinya maupun dari luar dirinya seperti keluarga, motivator guru, dan lingkungan masyarakat, (3) Kekurangannya sering terjadi susahnya sinyal, sebagian dari wali murid masih gagap teknologi (gaptek), peserta didik kesulitan memahami materi yang diberikan pendidik. Selain itu, kelebihan yang didapati dengan pembelajarn ini adalah baik pendidik, peserta didik dan wali murid menambah pengalaman dalam memanfaatkan teknologi saat ini, memutus penyebaran wabah covid-19, memberikan banyak ruang dan waktu antara peserta didik dengan orang tua, wali murid dapat memantau secara langsung untuk mengetahui seberapa jauh kefahaman anak-anaknya, (4) Strategi yang digunakan adalah mengubah metode penyampaian materi agar tidak membosankan, pendidik mengirim pesan secara personal kepada anak didik ketika lupa absensi atau mengirim tugas, dan lembaga sekolah memberikan bantuan kuota gratis yang digunakan selama pembelajaran dilaksanakan dari jarak jauh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173269 ZIANA RABIATUL ADAWIYAH
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:31
Last Modified: 13 Sep 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22081

Actions (login required)

View Item View Item