STRATEGI PEMULIHAN CITRA PUBLIK DI MEDIA INSTAGRAM (Studi Kasus Skandal Berita Negatif Atlet Cristiano Ronaldo) PUBLIC IMAGE RESTORATION STRATEGY ON INSTAGRAM MEDIA (Case Study Of The Negative News Scandal Of Athlete Cristiano Ronaldo)

DEWI GUSRIANI, 12305173089 and UCIK ANA FARDILA, M.I.Kom, 1418425498144035 (2021) STRATEGI PEMULIHAN CITRA PUBLIK DI MEDIA INSTAGRAM (Studi Kasus Skandal Berita Negatif Atlet Cristiano Ronaldo) PUBLIC IMAGE RESTORATION STRATEGY ON INSTAGRAM MEDIA (Case Study Of The Negative News Scandal Of Athlete Cristiano Ronaldo). [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMULIHAN CITRA PUBLIK DI MEDIA INSTAGRAM (Studi Kasus Skandal Berita Negatif Atlet Cristiano Ronaldo).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstract Public image is a person's view of self-image in order to appear to give a good and positive impression in the eyes of the public. Instagram is referred to as one of the social media to build, maintain and restore image by posting uploads that contain positive ideas and provide good comments. Image recovery is carried out when someone experiences an image crisis due to negative news and news so that the positive image decreases. Image decline can happen to anyone, including the world's number one soccer athlete who managed to score 600 goals on April 28, 2019 and won the Golden Soes award 4 times in 2007, 2010, 2013 and 2014. Many achievements have been achieved by a football athlete from Portugal. This makes the popularity more attached and ogled by big companies to become brand ambassadors and become a public figure. The high popularity made the image of Cristiano Ronaldo highlighted by many audiences, but at the end of 2020 news about the rape scandal, the violation of COVID-19 protocols emerged until his new case in January 2021, namely sexual harassment. The existence of negative news made Cristiano Ronaldo not remain silent so that he immediately restored his image through positive uploads on his personal Instagram media account, which became interesting to study. The method used in this research is descriptive qualitative with the approaches used is semiotics and and image recovery theory. The results in this study are to find out the strategies used by Cristiano Ronaldo in fighting the image crisis through Instagram @cristiano and the model for uploading content on his Instagram to provide a positive image perception to the public. Cristiano Ronaldo can provide an example and inspiration for the public, especially other artists and athletes in order to maintain a positive image. Keywords : Public Image, Instagram, Image Recovery Abstrak Public image merupakan pandangan seseorang terhadap citra diri agar terlihat memberikan kesan baik dan positif di mata khalayak. Instagram disebut sebagai salah satu media sosial untuk membangun, mempertahankan dan memulihkan citra dengan memosting unggahan yang berisikan ide positif serta memberikan komentar dengan baik. Pemulihan citra dilakukan ketika seseorang mengalami krisis citra akibat kabar dan pemberitaan negatif sehingga menjadikan citra posistif menurun. Penurunan citra dapat terjadi kesiapa saja termasuk atlet sepak bola nomor satu dunia yang berhasil mencetak gol sebanyak 600 tepat pada 28 April 2019 serta 4 kali meraih penghargaan Golden Soes tahun 2007, 2010, 2013 dan 2014. Banyaknya prestasi yang diraih sosok atlet sepak bola asal portugal ini membuat popularitas semakin melekat dan dilirik oleh perusahaan besar untuk dijadikan brand ambasador dan menjadi seorang public figure. Popularitas yang tinggi membuat citra Cristiano Ronaldo disorot oleh banyak khalayak, namun pada akhir tahun 2020 berita mengenai skandal pemerkosaan, pelanggaran protokol COVID-19 muncul hingga kasus barunya pada Januari 2021 yaitu pelecehan seksual. Adanya pemberitaan negatif membuat Cristiano Ronaldo tidak tinggal diam sehingga ia langsung melakukan pemulihan citra melalui unggahan positif di akun media instagram milik pribadinya yang mana hal ini menjadi menarik untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu semiotika dan teori pemulihan citra. Hasil dalam penelitian yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan Cristiano Ronaldo dalam melawan krisis citra melalui instagram @cristiano serta model unggahan konten di instagramnya untuk memberikan persepsi citra positif kepada khalayak. Cristiano Ronaldo dapat memberikan contoh serta inspirasi bagi khalayak khususnya artis dan atlet lainnya demi terjaganya citra positif. Kata Kunci : Public Image, Instagram, Pemulihan Citra

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Manajemen Dakwah
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305173089 DEWI GUSRIANI
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:31
Last Modified: 13 Sep 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item