PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBK PESERTA DIDIK KELAS III-A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

OKTAVIANI, EVI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBK PESERTA DIDIK KELAS III-A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi PTK dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBK Peserta Didik Kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Evi Oktaviani, NIM. 3217113034, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang kreatif sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Mata pelajaran SBK selalu diberikan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hasil belajar mereka banyak yang kurang dari KKM. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan dengan kerja sama yang menyenangkan karena peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran SBK mampu meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran SBK sub bab seni tari peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SBK sub bab seni tari peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran SBK sub bab seni tari peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar SBK sub bab seni tari peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Mergayu Bandung Tulungagung, dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dalam proses belajar mengajar dan dijadikan acuan untuk guru yang lain. Bagi guru MIN Mergayu Bandung Tulungagung, dapat memperluas pengetahuan tentang manfaat model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti lain, dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang peningkatan hasil 15 belajar SBK melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung pada mata pelajaran SBK materi gerak maknawi, gerak murni, dan pola lantai. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan peserta didik terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 70. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu hasil belajar peserta didik siklus 1 dengan nilai rata-rata 74,8 atau 73,9% dan pada siklus 2 dengan nilai ratarata 83,4 atau 91,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar SBK peserta didik kelas III-A MIN Mergayu Bandung Tuluangagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: EVI OKTAVIANI
Date Deposited: 11 Sep 2015 07:50
Last Modified: 11 Sep 2015 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item