IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD AINUN NAJIB, 12201173210 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Implementasi Model Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih di MAN 2 Tulungagung,” yang ditulis oleh Muhammad Ainun Najib, NIM. 12201173210, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran, E-Learning, Pembelajaran Fiqih. Era globalisasi membawa dampak yang sangat signifikan pada kehidupan manusia pendidikan akan tercipta manusia yang berkualitas. Konsep yang kemudian dikenal dengan sebutan e-learning konsep ini membawa pengaruh terjadinya proses perubahan pendidikan dari bentuk konvensional kedalam bentuk digital. E-learning mempermudah siswa memperoleh informasi dan pengetahuan secara langsung di dalam lingkup yang cukup luas. E-learning dalam proses belajar dihasilkan dengan menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan dan layanan dalam belajar. Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan strategi e-learning dalam pembelajaran fiqih ibadah di MAN 2 Tulungagung?. 2) Bagaimana kendala pembelajan e-learning dalam pembelajaran fiqih ibadah di MAN 2 Tulungagung?. 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala penerapan pembelajan e-learning dalam pembelajaran fiqih ibadah di MAN 2 Tulungagung? Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah kualitatif, ditujukan untuk memahami model pembelajaran E-Learning dalam pembelajaran Fiqih di MAN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada sesuai dengan fakta. Hasil penelitian ini yaitu 1) Penerapan strategi e-learning dalam dalam pembelajaran fiqih di MAN 2 Tulungagung yaitu pada materi praktik dan teoritis, stimulus paket internet siswa, hingga penilaian dengan mempertimbngkan faktor kecepatan pengumpulan tugas. 2) Kendala pembelajan e-learning dalam pembelajaran fiqih ibadah di MAN 2 Tulungagung yaitu faktor guru yang belum terbiasa karena sepenuhnya pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dan guru harus bekerja dua kali. Kemudian kendala lainnya yaitu fasilitas yang tersedia bersifat terbatas. 3) Solusi mengatasi kendala penerapan pembelajan e-learning dalam pembelajaran fiqih ibadah di MAN 2 Tulungagung yaitu upaya mengedepankan kejelasan kurikulum yang digunakan dan memperhatikan kenyamanan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Muhammad Ainun
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:35
Last Modified: 16 Sep 2021 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item