INDRA YANTI NOVIA MAEDRIS, 12208173028 (2021) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI MATERI PROTISTA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Proses Pembelajaran Daring Biologi Materi Protista pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Indra Yanti Novia Maedris, NIM 12208173028 dengan dosen pembimbing Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Biologi, Materi Protista Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan yang ada di Indonesia saat ini yang telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut diakibatkan karena adanya pandemi global yang terjadi sampai sekarang ini yaitu Corona Virus Disease (covid-19) sehingga mengakibatkan pembelajaran harus dilakukan dengan sistem daring sebagai strategi awal pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) secara luas. Hal ini juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran daring Biologi pada materi Protista di SMA Negeri 1 Durenan. Materi Protista sendiri bersifat abstrak sehingga siswa hanya bisa membayangkan saja tanpa melihat gambar Protista dengan jelas serta materi kajian yang terlalu padat, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran daring Biologi pada materi Protista siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring Biologi pada materi Protista siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Biologi pada materi Protista siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring Biologi pada materi Protista siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. (4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring Biologi pada materi Protista siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan meneliti obyek alami atau fakta-fakta yang ada di lapangan, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi atau hubungan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Guru sebelum melakukan pembelajaran daring Biologi terlebih dahulu merencanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara daring yaitu: menentukan aplikasi pembelajaran daring yakni google classroom terintegrasi. Membuat perangkat pembelajaran dari kalender akademik, rencana pekan efektif, silabus, Prota, Promes, dan RPP. Membuat grup whatsApp yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara guru dengan peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring Biologi di SMA Negeri 1 Durenan menggunakan aplikasi google classroom terintegrasi sehingga semua akun google classroom milik siswa dan guru akan terbuhung dengan sekolah, yang mana dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui google classroom diawasi oleh seorang admin pusat yang mengatur jalannya kegiatan pembelajaran yakni Waka Kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru sesuai dengan perencanaan yaitu kegiatan pembelajaran daring dibagi menjadi tiga bagian diantaranya, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan berupa mengisian presensi siswa melalui google form, dalam tahap ini guru mengunggah link presensi pada google classroom kemudian guru memberikan arahan kepada siswa melalui whatsApp grup untuk mengisi presensi dalam google classroom. Kegiatan inti pembelajaran daring Biologi pada materi Protista di SMA Negeri 1 Durenan, guru memberikan materi berupa video dan PPT kemudian guru mengarahkan siswa untuk memahaminya. Guru menyatakan jika terdapat materi yang tidak dipahami bisa mengirim pesan secara pribadi melalui whatsApp atau bisa langsung bertanya pada grup whatsApp. Kegiatan penutup diakhiri dengan membuat kesimpulan dan pemberian tugas. Jenis tugas yang diberikan guru Biologi dalam pembelajaran daring berupa membuat ringkasan materi, menjawab soal-soal pada lembar kegiatan, membuat tugas video. (3) Evaluasi pembelajaran daring Biologi dilakukan menggunakan tiga aspek penilaian yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik, Penilaian kognitif yakni penilain yang berkaitan dengan pengetahuan, dalam penilaian kognitif ditentukan dari nilai harian serta tugas yang diberikan kepada siswa ketika mengikuti pembelajaran daring, kemudian penilaian afektif berkaitan dengan sikap, dalam penilaian afektif ditentukan dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring derta ketertiban siswa dalam mengunggah tugas dalam google classroom serta pengisian presensi, sedangkan pada penilaian psikomotorik ditentukan melalui laporan hasil pengamatan terhadap video pengamatan mikroskopis Protista. (4) Faktor pendukung pembelajaran daring yakni tersedianya media dan sumber belajar yang memadai, serta pemerintah memberikan bantuan kuota internet kepada siswa, faktor penghambatnya berupa siswa mengalami kendala kesulitan sinyal dalam pembelajaran daring, rendahnya minat belajar siswa sehingga masih banyak siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring Biologi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173028 INDRA YANTI NOVIA MAEDRIS |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 08:53 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 08:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22250 |
Actions (login required)
View Item |