PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI HIMMATUL ULUM GANDUSARI TRENGGALEK

TRI SETYOWATI, EVA (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI HIMMATUL ULUM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
1-SAMPUL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
11-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 EL.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II EL.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III EL.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V EL.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB IV EL.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (78kB)

Abstract

judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Tebak Kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Eva Tri Setyowati, NIM. 3217113032, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Tebak Kata, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS di sekolah, yang hasil belajar siswa masih belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model kooperatif tipe tebak untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe tebak pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan untuk meningkatkan hasil belajar Indonesia siswa kelas V di MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model kooperatif tipe tebak pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan untuk meningkatkan hasil belajar Indonesia siswa kelas V di MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe tebak kata pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas VI MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2014/2015, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek tahun jaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian penerapan model kooperatif tipe tebak kata pada mata pelajaran IPS setelah melaui langkah-langkah kegiatan awal, inti dan juga akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Himmatul Ulum Gandusari Trenggalek. Data dari siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan adalah 80 dengan prosentase ketuntasan 63,63%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi 90 dengan ketuntasan belajar siswa keseluruhan adalah 86,36%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: EVA TRI SETYOWATI
Date Deposited: 24 Nov 2015 03:35
Last Modified: 24 Nov 2015 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item