NOVA DWI RATNA, 12401173416 (2021) ANALISIS PENTINGNYA SOSIALISASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus di Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (751kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (751kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (751kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (751kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (751kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (751kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pentingnya Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Di Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Nova Dwi Ratna, NIM. 12401173416. Pembimbing Dr.Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya masyarakat yang tidak berminat menabung di lembaga keuangan terutama pada perbankan syariah. Minat menabung masyarakat atau nasabah dapat dipengaruhi oleh adanya sosialisasi. Minat menabung yaitu suatu tindakan dimana nasabah tidak atau mau membeli sebuah produk, biasanya nasabah cenderung akan mempertimbangkan kualitas, produk dan inflasi yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebelum nasabah tersebut akan membeli produk tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini (1) Bagaimana pentingnya sosialisasi terhadap minat masyarakat Tulungagung untuk menabung di Perbankan Syariah? (2) Bagaimana sosialisasi dapat mempengaruhi minat masyarakat Tulungagung untuk menabung di Perbankan Syariah? (3) Bagaimana strategi sosialisasi terhadap minat masyarakat Tulungagung untuk menabung di Perbankan Syariah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang diambil yaitu masyarakat yang ada di Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sebanyak 8 narasumber. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat disimpulkan bahwa kurangnya sosialisasi dari pihak bank syariah. Minat masyarakat cenderung dikaitkan dengan adanya sosialisasi yang dianggap penting bagi mereka untuk dapat menimbulkan minat menabung di Perbankan Syariah. Sosialisasi sangatlah berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat karena adanya sebuah sosialisasi membuat masyarakat bisa tahu apa itu lembaga keuangan perbankan syariah dan bagaimana kegiatan dalam usahanya. Dengan sosialisasi menjadikan masyarakat untuk dapat memahami, mengetahui dan selanjutnya dapat menimbulkan sebuah minat untuk ingin menabung pada perbankan syariah. Strategi merupakan sebuah proses yang memiliki tujuan jangka panjang dengan penyusunan dengan tujuan yang akan dicapai. Dimana tujuannya yaitu untuk mempermudah kegiatan pada suatu perusahaan. Maka dengan ini perusahaan sangat membutuhkan sebuah konsep untuk bisa mensosialisasikan strategi tersebut. Kata Kunci : Sosialisasi dan Minat Menabung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Masyarakat Islam Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173416 NOVA DWI RATNA |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 01:42 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22310 |
Actions (login required)
View Item |