IMPLEMENTASI METODE NEGOSIASI DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung)

MOCHAMMAD MIFTAHUR ROZAQ, 12401173462 (2021) IMPLEMENTASI METODE NEGOSIASI DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Negosiasi Dalam Menyelesaikan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada KSPPS BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung”. Penelitian ini ditulis oleh Mochammad Miftahur Rozaq, jurusan Perbankan Syariah, NIM. 12401173462, dosen pembimbing Dr. Deny Yudiantoro SAP., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat disaat keadaan perekonomian semakin merosot. Oleh karena itu, mereka membutuhkan dana tambahan untuk mencukupi kebutuhan hidup maupun mencukupi modal usaha sangat diperlukan oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungaung sangat berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan modal masyarakat. Penyaluran kebutuhan modal dapat dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya melalui BMT pembiayaan yang dilaksanakan oleh BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungaung. Setiap lembaga keuangan pasti memiliki setiap masalah dalam hal pembayaran kredit. Oleh karena itu, BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungaung memiliki strategi khusus dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu melalui cara kekeluargaan atau negosiasi. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung, (2) untuk mengetahui faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung dan (3) untuk mengetahui implementasi atau penerapan metode negosiasi dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah (pembiayaan murabahah) di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo dibagi menjadi 3 bentuk pembiayaan, yaitu pembiayaan untuk anggota baru, lama, dan perpanjangan. Untuk pelaksanaan pembiayaan di BMT Peta Tulungagung diawali dengan adanya keinginan anggota untuk memiliki sebuah barang. (2) Faktor penyebab terjadinya masalah dalam pembiayaan Murabahah di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Peta Tulungagung adalah menurunnya hasil usaha anggota, gagal panen, terjadinya musibah atau wabah. (3) Penerapan metode negosiasi oleh BMT Istiqomah Karangrejo menghasilkan sebuah solusi, yakni penjadwal ulang pembiayaan dan penjualan barang jaminan. Untuk BMT Peta Tulungagung menghasilkan solusi, yakni penjadwalan ulang pembiayaan dan penghapusan buku. Kata kunci: negosiasi, pembiayaan murabahah, pembiayaan bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173462 MOCHAMMAD MIFTAHUR ROZAQ
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:19
Last Modified: 22 Sep 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item