STRATEGI PEMASARAN BMT PODOJOYO BLITAR DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT PODOJOYO BLITAR DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG

WAHYU FAJAR BAGASKARA, 17401163415 (2021) STRATEGI PEMASARAN BMT PODOJOYO BLITAR DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT PODOJOYO BLITAR DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran BMT Podojoyo Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung untuk Menarik Minat Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Mudharabah di BMT Podojoyo Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung” ini di tulis oleh Wahyu Fajar Bagaskara, NIM 17401163415, Jurusan Pebankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S,. M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan industry sektor keuangan yang semakin ketat dan professional, tak terkecuali industry keuangan syariah dimana masyarakat wilayah Blitar dan Tulungagung yang mayoritas memeluk islam sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam system keuangan. Berangkat dari sini peneliti meneliti tentang strategi yang di gunakan dalam menarik minat nasabah. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana minat masyarakat dalam memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT Podojoyo Srengat Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung? (2) Strategi apa yang di lakukan untuk menarik minat memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT Podojoyo Srengat Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung? (3) Apa saja kendala dan tantangan untuk memasarkan produk pembiayaan mudharabah di BMT Podojoyo Srengat Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung? Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder. Adapaun dalam pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, analisis ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Sedangkan dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) minat masyarakat dalam memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT Podojoyo Blitar dan BMT Harapan Umat Tulungagung sangat positif dan antusias menggunakan produk ini, dengan pertimbangan bagihasil yang menguntungkan kepada kedua belah pihak, baik nasabah maupun pihak BMT. (2) Strategi yang di gunakan BMT Podoyo Blitar Dan BMT Harapan Umat Tulungagung ialah Strategi Pendekatan spiritual dimana pendekatan ini menggunakan mediasi keagamaan dan Strategi Harga atau Bagi Hasil. (3) kendala yang sering di dijumpai adalah terbatasnya pembiayaan yang berjumalah besar dengan pengajuan yang besar menjadi kendalanya, sehingga alokasi pembiayaan belum merata kalau untuk pengajuan pembiayaan dalam jumlah yang besar. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Minat, Pembiayaan Mudharabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 17401163415 WAHYU FAJAR BAGASKARA
Date Deposited: 28 Sep 2021 05:03
Last Modified: 28 Sep 2021 05:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item