PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) DALAM MENGEMBANGKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP ISLAM HASANUDIN KESAMBEN-BLITAR

RAHMAWATI, WAHYU LIA EKA (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) DALAM MENGEMBANGKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP ISLAM HASANUDIN KESAMBEN-BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) dalam Mengembangkan Penalaran Matematika Siswa SMP Islam Hasanudin Kesamben-Blitar” ini ditulis oleh Wahyu Lia Eka Rahmawati, NIM. 3214113169, pembimbing Dewi Asmarani M.P.d. Berdasarkan fenomena kurang pahamnya siswa terhadap pembelajaran matematika khususnya yang bersifat abstrak, sehingga siswa kurang mampu bernalar dalam menghadapi setiap masalah matematika yang ada dalam pembelajaran. Hal ini menimbulkan pemahaman pembelajaran cenderung bersifat tidak stabil. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pembelajaran matematik dengan menggunakan strategi inkuiri dalam megembangkan penalaran siswa di SMP Islam Hasanudin Kesamben. Strategi inkuiri dipilih dalam pemecahan masalah ini dikarenakan strategi inkuiri lebih menekankan kepada kemampuan berfikir secara sistematis, logis, dan kritis, atau lebih cenderung kepada pengembangan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental, yang tidak hanya berorientasi pada penguasaan materi pembelajaran melainkan lebih kepada pengembangan potensi yang dimiliki siswa. Sehingga siswa diarahkan kepada proses penalaran, dimana penalaran itu sendiri merupakan proses berfikir manusia untuk menghubungkan fakta-fakta atau data yang sistematik menuju suatu kesimpulan berupa pengetahuan yang bersifat logis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan penalaran matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama (2) untuk mengetahui dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru maupun siswa dalam penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan penalaran matematika Sekolah Menengah Pertama (3) untuk mengetahui dan mengevaluasi hasil penalaran siswa dengan adanya penerapan strategi inkuiri. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi, observasi digunakan untuk mengamati kegiatan baik yang dilakukan oleh siswa maupun peneliti dalam kegiatan pembelajaran, wawancara digunakan untuk menggumpulkan informasi dari pihak terkait baik berupa pendapat, aspirasi, maupun harapan. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail pada saat kegiatan penelitian berlangsung. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa kategori keberhasilan penelitian berada pada taraf sangat kurang dengan nilai rata-rata . Hal ini disebabkan karena kurang terkontrolnya siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung, selain itu banyak siswa yang kurang teliti dalam mengerjakan soal pada akhir tes. Bahkan ditemukan siswa yang aktif tetapi memiliki nilai tes yang kurang. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hal ini ditunjukkan dari kategori keberhasilan penelitian yang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata . Dengan demikian, ada peningkatan dari hasil tes siswa dari siklus I dan siklus II sebanyak . Sehinggga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui strategi pembelajarn inkuiri (SPI) dapat mengembangkan penalaran siswa SMP Islam Hasanudin, Kesamben, kususnya kelas VIII A.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: WAHYU LIA EKA RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:06
Last Modified: 18 Dec 2015 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item