STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar)

SITI ALFIAH, 12205173288 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu” ini ditulis oleh Siti Alfiah, NIM.12205173288, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insitut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Strategi Kooperatif, Strategi Inkuiri, Strategi Heuristik Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran guru yang akan diterapkan dalam proses belajar mengajar dimasa pandemi covid-19. Hal ini dilakukan agar siswa dapat termotivasi untuk belajar dan tidak bosan dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran guru jenis kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu Blitar? 2) Bagaimana strategi pembelajaran guru jenis inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu Blitar? 3) Bagaimana strategi pembelajaran guru jenis heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Wahid Hasym Udanawu Blitar. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data menggunakan (1) Kreadibilitas (creadibility), (2) Keteralihan (transferability), (3) Ketertarikan (depenability), (4) Kepastian (Konfirmability). Hasil penelitiannya: 1) Strategi pembelajaran guru jenis kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu yang pertama, dengan guru memberikan media pendukung seperti video animasi, agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, dan tidak membosankan. Kedua, peserta didik dengan orang tua diberi kesempatan untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran secara langsung. Ketiga, bapak/ibu guru mengadakan setiap seminggu sekali anak-anak belajar tatap muka. 2) Strategi pembelajaran guru jenis inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu yang pertama, guru memberikan motivasi saat diawal pembelajaran. Kedua, guru memberikan materi kemudian siswa diberikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan materi. 3) Strategi pembelajaran guru jenis heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 di MI Wahid Hasym Udanawu Blitar yang pertama, guru memberikan stimulus kepada siswa agar aktif dalam mengikuti pembelajaran daring apalagi diterapkan dikelas rendah. Kedua, guru memberikan media pendukung seperti video animasi atau konten di youtube yang nantinya dapat menjadi acuan siswa dalam belajar. Ketiga, guru memberikan sebuah permasalahan untuk mengecek pemahaman siswa terhadap masalah yang mereka pecahkan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173288 SITI ALFIAH
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:23
Last Modified: 14 Jan 2022 09:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22487

Actions (login required)

View Item View Item