KERIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA DI DESA SUKOREJO BLITAR

FIQI NURLAILY, 12309173014 (2021) KERIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA DI DESA SUKOREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Keris dalam Kehidupan Masyarakat Jawa di Desa Sukorejo Blitar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan dan penelitian berawal dari keunikan benda pusaka keris. Serta mengenai pergeseran makna dan fungsinya bagi pencinta keris. Tidak hanya di bahas mengenai bentuk dan segi fisiknya, serta akan melihat makna dan fungsi keris bagi pemiliknya. Keris banyak mengandung nilai estetika dan nilai moral yang tinggi. Keris merupakan karya dari seorang Empu yang mempunyai ilmu spiritual. Memiliki aura mistis serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dan tidak sedikit dari pencinta keris untuk mengoleksinya, karena memiliki nilai seni keindahan dan keunikani. Akan tetapi pada kenyataanya, tidak sedikit dari mereka yang masih percaya terahadap petuah atau kekuatan magis dalam bilah keris. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keris dalam kebudayaan Jawa di Desa Sukorejo Blitar. Pergeseran makna dan fungsinya saat ini di kalangan pecinta keris. Dalam catatan ini nantinya di harapkan dapat menjadi sumber tentang adanya kebudayaan keris. Untuk mengembangkan penelitian ini maka peneliti mengunakan metode Etnografi. Untuk mencari sumber data akan melalui teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan cara mewawancarai para pecinta keris di Desa Sukorejo dan Sekitarnya. Untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini tentang pergeseran makna dan fungsi keris di Desa Sukorejo Blitar, sejak dari zaman dahulu dan saat ini. Kata kunci : keris, makna dan fungsi ,masyarakat jawa, kolektor keris.

Item Type: Skripsi
Subjects: Masyarakat Islam
Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309173014 FIQI NURLAILY
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item