GESTURE MATEMATIS SISWA TUNAGRAHITA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PEMBAGIAN KELAS VIII SLB-C.D NGUDI HAYU TOGOGAN SRENGAT BLITAR

NURUL FADHILAH, 12204173077 (2021) GESTURE MATEMATIS SISWA TUNAGRAHITA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PEMBAGIAN KELAS VIII SLB-C.D NGUDI HAYU TOGOGAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (24MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Gesture Matematis Siswa Tunagrahita Dalam Memecahkan Masalah Pembagian Kelas VIII SLB-C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Nurul Fadhilah, NIM. 12204173077, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: gesture matematis, tunagrahita, pemecahan masalah matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah matematika. Dikarenakan rendahnya level kognitif yang dimiliki sehingga menyebabkan siswa tunagrahita kesulitan dalam menyampaikan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. Dalam menyampaikan ide pemikiran maupun pemahaman mereka siswa tunagrahita cenderung menyampaikannya melalui gerakan tubuh. Penjembatan antara pengalaman bahasa abstraksi konseptual individu dengan bahasa fisiknya disebut dengan gesture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan bentuk gesture matematis siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah pada materi pembagian kelas VIII SLB-C. D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. 2) mendeskripsikan peran gesture dalam proses memecahkan masalah pada materi pembagian kelas VIII SLB-C. D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui macam-macam gesture yang digunakan siswa tunagrahita dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Wawancara dengan siswa tunagrahita bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah siswa tunagrahita dalam menyelesaikan permasalahan materi pembagian serta mengetahui peran gesture dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu dokumentasi yang digunakan yaitu jurnal siswa untuk mengetahui data siswa yang tergolong siswa tunagrahita ringan dan siswa tunagrahita sedang, rekaman vidio digunakan untuk membantu peneliti dalam menganalisis gesture siswa tunagrahita dalam menyelesaikan masalah dan penggunaan audio untuk merekam wawancara siswa tunagrahita. Pada penelitian ini terdapat 4 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa tunagrahita ringan dan 2 siswa tunagrahita sedang. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: 1) bentuk gesture yang dimiliki siswa tunagrahita berfariasi yaitu gesture deiktik, gesture ikonik dan gesture menulis. Gesture deiktik dilakukan dengan menggunakan ibu jari, jari telunjuk maupun menggunakan pensil. Gesture ikonik digunakan untuk mengikonikkan bilangan kedalam gerakan tangan, gesture menulis digunakan untuk menstranfer pemikiran mereka dalam wujud yang nyata. (2) peran gesture siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah matematika yaitu untuk memusatkan perhatian siswa terhadap masalah matematika, mengkominukasikan pemikiran siswa tentang matematika dan scaffolding bagi siswa tunagrahita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173077 NurulFadhilah
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:30
Last Modified: 29 Sep 2021 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item