PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY SEBAGAI PENGUKUR TINGKAT PROFESIONALITAS (Bank Umum Syariah di Indonesia)

FENI KRISMAWATI FAUZIAH, 12508194012 (2021) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY SEBAGAI PENGUKUR TINGKAT PROFESIONALITAS (Bank Umum Syariah di Indonesia). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Perbandingan Kinerja Keuangan dengan Metode Risk Profile, Governance, Earnings and Capital dan Sharia Conformity and Profitability sebagai Pengukur Tingkat Profesionalitas (Bank Umum Syariah di Indonesia)” ditulis oleh Feni Krismawati Fauziah Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E., M.M. dan Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Risk Profile, Governance, Earnings and Capital, Sharia Conformityand Profitability, Bank Umum Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kinerja keuangan khususnya pada Bank Umum Syariah yang harus diperhatikan untuk bisa terus menjaga eksistensinya. Kinerja keuangan menjadi tolak ukur yang sangat penting karena berkaitan dengan kegiatan operasional maupun non-operasional perbankan. Banyaknya metode untuk menilai kinerja keuangan menjadikan penilaian kinerja keuangan bervariasi dari berbagai sisi. Pada bank syariah penilaian sebaiknya dilakukan baik dari segi standarisasi ketetapan Bank Indonesia dan segi syariah. Dikaji dalam penelitian ini metode Risk Profile, Governance, Earnings and Capital dan Sharia Conformityand Profitability memiliki perbedaan indikator dalam menilai kinerja keuangan dilihat dari rasio-rasio yang digunakan dalam penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan pada masing-masing Bank Umum Syariah ditinjau dari metode Risk Profile, Governance, Earnings and Capital. (2) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan pada masing-masing Bank Umum Syariah ditinjau dari metode Sharia Conformity and Profitability. (3) Untuk mengetahui hasil perbandingan metode Risk Profile, Governance, Earnings and Capital dan Sharia Conformity and Profitability pada masing-masing Bank Umum Syariah. Pada penelitian ini pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan triwulan Bank BCA Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Muamalat Indonesia, Bank Panin Dubai Syariah dan Bank Victoria Syariah dengan periode penelitian dari triwulan I 2013 sampai triwulan IV 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 32 data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas dan uji kruskal-wallis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada masing-masing Bank Umum Syariah. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada masing-masing Bank Umum Syariah kecuali pada indikator rasio investasi syariah. (3) Pada Bank BCA Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Muamalat Indonesia dan Bank Panin Syariah mendapatkan peringkat sehat dan berada pada kuadran URQ, sedangkan Bank Victoria Syariah mendapatkan peringkat komposit cukup sehat dan berada pada kuadran URQ.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508194012 Feni Krismawati Fauziah
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:54
Last Modified: 04 Oct 2021 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22592

Actions (login required)

View Item View Item